Penggunaan model learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Suryantari

Main Author: Suryantari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53078/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodellearningcycle5EmeningkatkanhasilbelajarBelajarmerupakanhalyangdialamiolehmanusiadalamhidupnya.Melaluiprosesbelajarseseorangakanmemperolehhasilberupaperubahantingkahlakupadadirinya.Pembelajaranyangefektifmenurutpandangankonstruktivismemenuntutsiswauntukberperanaktifmencariinformasidanmembangunpemahamannyasendiriterhadaphalyangdipelajarinya.BerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukanpadabulanNovember2012diketahuibahwapembelajarangeografiyangberlangsungdikelasXISMANegeri7Malangmasihbelummengarahkansiswauntukberperanaktif.Kegiatanpembelajaranyangdidominasidenganceramahdariguru.BerdasarkandatanilaiUjianSemesterGasalTahunAjaran2012/2013diketahuimasihbanyaksiswayangmemperolehnilaidibawahkriteriaketuntasanminimum(KKM).Penggunaanmodelpembelajaranyangmampumenciptakanperanaktifdanpemahamansiswasangatdiperlukanuntukmengatasipermasalahantersebut.Modellearningcycle5Emerupakansalahsatumodelyangdapatmenjadikansiswalebihaktifuntukmenemukaninformasibaru.Siswadapatmembangunpemahamannyasendiridanmemperolehpengalamanbelajaryangtidakterlepasdarikonteksdunianyata.Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuiapakahhasilbelajarsiswayangmendapatpembelajarandenganmodellearningcycle5Elebihtinggidarisiswayangmendapatpembelajarandenganmodelkonvensional.Jenispenelitianadalaheksperimensemu(quasiexperimentaldesign).Penelitianinimelibatkanduakelassebagaisubjekpenelitian.Satukelassebagaikelaseksperimenyaitukelasyangmendapatmodelpembelajaranlearningcycle5Edankelaskontrolyaitukelasyangmendapatmodelpembelajarankonvensionalyaituceramah.Datayangdikumpulkanberupanilaipretesdanposteskemudianditentukanselisihnyayangdisebutdenganhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanadalahsoaltesobjektif.DatayangdiperolehselanjutnyadianalisisdenganujistatistikyaituujiMannWhitney.Berdasarkananalisisdatadiketahuirata-ratahasilbelajarsiswayangmendapatmodellearningcycle5Eadalah225danrata-ratahasilbelajarsiswayangmendapatmodelkonvensionalceramahadalah98.Daridatatersebutdiperolehkesimpulanbahwahasilbelajarsiswayangmendapatpembelajarandenganmodellearningcycle5Elebihtinggidarisiswayangmendapatpembelajarandenganmodelkonvensional.