Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dipadu dengan peta pikiran (Mind map) terhadap motivasi dan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang / Mohammad Haris Muzakki

Main Author: Muzakki, Mohammad Haris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53076/
Daftar Isi:
  • KataKunciThinkPairShareMindMapmotivasihasilbelajar.ThinkPairSharemerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangmemberikankesempatankepadasiswauntukberpikirsecaramandirimerespon/menjawabdanbekerjasamadenganyanglainmampumeningkatkankemampuankognitifsiswa.ModelPembelajaranMindMapjugadapatmembantusiswadalammemahamikonsepdanmengembangkankreativitasnya.BerdasarkanhasilpengamatanprosespembelajarangeografidiSMAN4Malangdapatketahuibahwapembelajaranmasihberpusatpadagurusehinggasiswaterlihatbosankurangsenangdankurangtertarikterhadapmateriyangdiajarkan.Dengandemikiangabungankeduamodelpembelajarantersebutberpotensimeningkatkanmotivasibelajarsiswayangakhirnyaberimbaspadahasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatifThinkPairSharedipadudenganPetaPikiran(MindMap)TerhadapMotivasidanHasilBelajarGeografiSiswaKelasXSMANegeri4Malang.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemuyangdikembangkandenganpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniyaknikelasX-6sebagaikelaseksperimendankelasX-3sebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahangketmotivasiuntukmengukurmotivasibelajardantesuraianuntukmengukurhasilbelajarsiswa.Datayangdiujidalampenelitianiniyaitugainscoremotivasidanhasilbelajarsiswayangdianalisismenggunakanindependentsamplet-testdenganbantuanSPSS16.0forWindows.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehkesimpulanhasilpenelitianyaituadapengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatifThinkPairSharedipadudenganPetaPikiran(MindMap)terhadapmotivasidanhasilbelajarsiswakelasXSMANegeri4Malang.Haltersebutdapatdilihatdarihasilujihipotesisdanrata-ratanilaihasilbelajargeografikelaseksperimenyanglebihtinggidibandingkandengankelaskontrol.TerkaithasilpenelitiantersebutmakapenelitimemberikansaranagargurumelakukanperencanaanyangmatangkarenapenerapanmodelpembelajaranThinkPairSharedipadudenganMindMapmemerlukanwaktuyangrelatiflama.Siswadisarankansupayamembuatmindmapsecaramanualsupayasiswalebihmemahamiisimindmapyangdibuatnya.Bagipenelitiberikutnyaagarbisamenyempurnakanpenelitianiniyaitudenganmelakukanpenelitianyangsubjeknyabenar-benarmemilikikemampuanakademikrendah.