Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dipadu dengan peta pikiran (Mind map) terhadap motivasi dan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang / Mohammad Haris Muzakki
Main Author: | Muzakki, Mohammad Haris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53076/ |
Daftar Isi:
- KataKunciThinkPairShareMindMapmotivasihasilbelajar.ThinkPairSharemerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangmemberikankesempatankepadasiswauntukberpikirsecaramandirimerespon/menjawabdanbekerjasamadenganyanglainmampumeningkatkankemampuankognitifsiswa.ModelPembelajaranMindMapjugadapatmembantusiswadalammemahamikonsepdanmengembangkankreativitasnya.BerdasarkanhasilpengamatanprosespembelajarangeografidiSMAN4Malangdapatketahuibahwapembelajaranmasihberpusatpadagurusehinggasiswaterlihatbosankurangsenangdankurangtertarikterhadapmateriyangdiajarkan.Dengandemikiangabungankeduamodelpembelajarantersebutberpotensimeningkatkanmotivasibelajarsiswayangakhirnyaberimbaspadahasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatifThinkPairSharedipadudenganPetaPikiran(MindMap)TerhadapMotivasidanHasilBelajarGeografiSiswaKelasXSMANegeri4Malang.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemuyangdikembangkandenganpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniyaknikelasX-6sebagaikelaseksperimendankelasX-3sebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahangketmotivasiuntukmengukurmotivasibelajardantesuraianuntukmengukurhasilbelajarsiswa.Datayangdiujidalampenelitianiniyaitugainscoremotivasidanhasilbelajarsiswayangdianalisismenggunakanindependentsamplet-testdenganbantuanSPSS16.0forWindows.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehkesimpulanhasilpenelitianyaituadapengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatifThinkPairSharedipadudenganPetaPikiran(MindMap)terhadapmotivasidanhasilbelajarsiswakelasXSMANegeri4Malang.Haltersebutdapatdilihatdarihasilujihipotesisdanrata-ratanilaihasilbelajargeografikelaseksperimenyanglebihtinggidibandingkandengankelaskontrol.TerkaithasilpenelitiantersebutmakapenelitimemberikansaranagargurumelakukanperencanaanyangmatangkarenapenerapanmodelpembelajaranThinkPairSharedipadudenganMindMapmemerlukanwaktuyangrelatiflama.Siswadisarankansupayamembuatmindmapsecaramanualsupayasiswalebihmemahamiisimindmapyangdibuatnya.Bagipenelitiberikutnyaagarbisamenyempurnakanpenelitianiniyaitudenganmelakukanpenelitianyangsubjeknyabenar-benarmemilikikemampuanakademikrendah.