Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan keaktifan belajar kemampuan berpikir kritis siswa pada materi lingkungan hidup kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Pacitan / Ira Purwaningsih

Main Author: Purwaningsih, Ira
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53074/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajaranPBIkeaktifanbelajarberpikirkritisHasilobservasiyangdilakukanpadatanggal27Desember2012dikelasXIIPS1SMANegeri1Ngadirojodiketahuibahwakegiatanbelajarmengajar(KBM)masihdidominasiolehgurusedangsiswahanyadudukmendengardanmencatatpenjelasandariguru.Sehinggasiswaterlihatkurangaktifdalamprosespembelajaran.Berdasarkanobservasimenggunakanlembarobservasikeaktifanbelajarsiswayangaktifhanyaada14.28%sedangkansisanyayaitu85.72%masihkurangaktifbahkanpasif.BerdasarkanhasilujiansemesterIsiswayangmencapaiketuntasanbelajarGeografihanyaada12siswaatausekitar42.8%sedangkanyangtidaktuntasmencapai57.2%.Halinimenunjukkanbahwamateriyangdisampaikanolehgurutidakterserapsecaraoptimalolehsiswa.Siswayangmemilikibukupenunjangjugahanyaada17siswasedangkansiswayanglaintidakmemilikibukupegangankarenadisekolahtersebutjugatidakmenggunakanLKS.Halinimengakibatkansiswacenderungtidakdapatmengembangkankemampuanberpikirnya.UntukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarsertakemampuanberpikirkritissiswayaitudenganmenerapkanmodelpembelajaranProblemInstructionBased(PBI).JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas.Padapenelitianinipenelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestulis.PenelitiandilaksanakandikelasXIIPS1SMANegeriINgadirojodenganjumlahsiswa28padamateriMenganalisisPelestarianLingkunganHidup.Berdasarkanhasilobservasidiketahuibahwapeningkatankeaktifanbelajarsiswapadaprosespembelajaransebelumpenelitianadalah14.28%kemudianpadasiklusI35.71%dansilusII74.99%.BerdasarkanhasilteskemampuanberpikirkritispadasiklusIsiswayangmendapatkanklasifikasikemampuanberpikirkritisbaikhanyaada1orangatauhanya3.57%sedangkanyangcukupbaiksampaitidakbaikmencapai96.43%.SedangkanhasilteskemampuanberpikirkritispadasiklusIItelahmenunjukkanpeningkatanyaitusiswayangtermasukdalamklasifikasibaikada16siswaatau57.14%sedangkanyangtermasukdalamklasifikasicukupbaiksampaitidakbaikhanyaada42.86%.Beberapasaranyangdapatdiajukanadalah(1)guruharuslebihmemotivasiseluruhsiswauntukselaluterlibataktifdalamprosespembelajarandengancaramemberikantambahannilaijikaadasiswayangaktif(2)dalamkegiatanteskemampuanberpikirkritisguruharuslebihtegasdalammelakukanpengawasansehinggasiswatidakmengerjakansoaldenganbekerjasama(3)dalampelaksanaanpembelajaranalokasiwaktuharusdisesuaikandenganRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)terutamapadasaatkegiatanpresentasikelompok(4)guruharusmemberikanringkasanmateripelajarankepadasiswajikabanyaksiswayangtidakmemilikibukupeganganbaikLKSmaupunbukupaket(5)bagipenelitiselanjutnyamodelpembelajaranProblemBasedInstruction(PBI)dapatditerapkanpadamateriGeografiselainlingkunganhidupyaknimateriyangberkaitandenganpermasalahanyangterjadidalamkehidupansepertikependudukandanpemanfaatansumberdayaalam.