Peningkatan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi lingkungan hidup kelas XI IPS 1 MAN 3 Tulungagung / Asna Khuroidah
Main Author: | Khuroidah, Asna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53072/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikemampuanmemecahkanmasalahhasilbelajarProblemBasedLearning.Peningkatanmutupendidikanuntukmengikutiarusperkembangansalahsatuupayapemerintahadalahmenentapkanstandarketuntasanminimalyangharusdicapaidalampembelajaranbaikstandarketuntasanminimaluntukketerampilanprosesmaupunhasilbelajaryangdiperolehsiswadalampembelajaran.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadaphasilbelajarsiswaketuntasanpembelajaranGeografidiMAN3Tulungagungsangatrendahyakni2810%danbelummemenuhistandarketuntasanminimum75%.Denganbelumtercapainyaketuntasanhasilbelajarsiswaselanjutnyadilakukanpengamatanterhadapkemampuanmemecahkanmasalahsiswadikelas.Darihasilobservasitersebutdiketahuibahwakemampuanmemecahkanmasalahyangdimilikisiswarendahyaitu509%.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanpembelajaranmodelProblemBasedLearning.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuan.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS-1MAN3TulungagungpadabulanJanuarisampaiFebruari2013dandatayangdiperolehdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.Hasilyangdiperolehdalampenelitianiniberupanilakemampuanmemecahkanmasalahhasilbelajarkognitifdanafektifsertarata-ratadariketiganya.Nilairata-ratakemampuanmemecahkanmasalahpadaprasiklus556meningkatmenjadi69padasiklusIdan713padasiklusIIdenganpersentaseketuntasansebesar744%.Padahasilbelajarranahkognitifrata-ratanyasebesar659padaprasiklusmenjadi771padasiklusIdan827padasiklusIIdenganpersentaseketuntasansebesar846%.Nilairata-ratahasilbelajarranahafektifsebesar695padaprasiklusmenjadi742padasiklusIdan80padasiklusIIdenganpersentaseketuntasansebesar868%.Secarakeseluruhanrata-ratahasilbelajarmeningkatdari64padaprasiklusmenjadi74padasiklusIdan79padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajar.Disarankankepadagurugeografiuntukmencobamenerapkanmodeltersebutdalampembelajaranagarkualitaspembelajarangeografisemakinmeningkat.KepadapihaksekolahdisarankanagarmendukungdenganmemberikanfasilitasuntukpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdisekolah.