Peningkatan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi lingkungan hidup kelas XI IPS 1 MAN 3 Tulungagung / Asna Khuroidah

Main Author: Khuroidah, Asna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53072/
Daftar Isi:
  • KataKuncikemampuanmemecahkanmasalahhasilbelajarProblemBasedLearning.Peningkatanmutupendidikanuntukmengikutiarusperkembangansalahsatuupayapemerintahadalahmenentapkanstandarketuntasanminimalyangharusdicapaidalampembelajaranbaikstandarketuntasanminimaluntukketerampilanprosesmaupunhasilbelajaryangdiperolehsiswadalampembelajaran.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadaphasilbelajarsiswaketuntasanpembelajaranGeografidiMAN3Tulungagungsangatrendahyakni2810%danbelummemenuhistandarketuntasanminimum75%.Denganbelumtercapainyaketuntasanhasilbelajarsiswaselanjutnyadilakukanpengamatanterhadapkemampuanmemecahkanmasalahsiswadikelas.Darihasilobservasitersebutdiketahuibahwakemampuanmemecahkanmasalahyangdimilikisiswarendahyaitu509%.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanpembelajaranmodelProblemBasedLearning.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuan.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS-1MAN3TulungagungpadabulanJanuarisampaiFebruari2013dandatayangdiperolehdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.Hasilyangdiperolehdalampenelitianiniberupanilakemampuanmemecahkanmasalahhasilbelajarkognitifdanafektifsertarata-ratadariketiganya.Nilairata-ratakemampuanmemecahkanmasalahpadaprasiklus556meningkatmenjadi69padasiklusIdan713padasiklusIIdenganpersentaseketuntasansebesar744%.Padahasilbelajarranahkognitifrata-ratanyasebesar659padaprasiklusmenjadi771padasiklusIdan827padasiklusIIdenganpersentaseketuntasansebesar846%.Nilairata-ratahasilbelajarranahafektifsebesar695padaprasiklusmenjadi742padasiklusIdan80padasiklusIIdenganpersentaseketuntasansebesar868%.Secarakeseluruhanrata-ratahasilbelajarmeningkatdari64padaprasiklusmenjadi74padasiklusIdan79padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajar.Disarankankepadagurugeografiuntukmencobamenerapkanmodeltersebutdalampembelajaranagarkualitaspembelajarangeografisemakinmeningkat.KepadapihaksekolahdisarankanagarmendukungdenganmemberikanfasilitasuntukpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdisekolah.