Perbandingan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) denga Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS geografi kelas VII SMP Negeri 3 Sawoo Ponorogo / Wahyu Ria Patriana

Main Author: Patriana, Wahyu Ria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53069/
Daftar Isi:
  • KataKunciTGTSTADhasilbelajarIPSGeografiPembelajarandiSMPNegeri3SawoomasihdidominasidenganmetodeceramahdanpenggunaanLKSsehinggasaatpembelajaransiswaseringmelakukanaktivitasdiluarkontekspembelajaran.Guruperlumenggunakanmodelpembelajarankooperatif.Pembelajarankooperatifmenuntutsiswamenemukandanmembangunpengetahuannyasendiri.PembelajarankooperatifdalampenerapannyamenggunakanbeberapamodeldiantaranyaadalahTeamsGamesTournament(TGT)danStudentTeamAchievementDivision(STAD).ModelpembelajaranTGTdanSTADmemilikibeberapapersamaandanperbedaanpadatahapannya.PersamaanmodelTGTdanSTADdiantaranyapenyampaianmateriolehgurumembagikelasmenjadibeberapakelompokheterogendanadanyapenghargaan.PerbedaanmodelTGTdanSTADyaitudalamTGTdigunakangametournamentdimanasiswaberkompetisisebagaiwakilkelompokmelawananggotakelompokyanglainsedangkanSTADsiswadiberikankuisatautesindividudiakhirpem-belajaran.PenelitianterdahulumenunjukkanSTADlebihberpengaruhdaripadamodelpembelajaranTGT.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarayangmenggunakanmodelpembelajaranTGTdenganSTADpadasiswakelasVIISMPNegeri3Sawoo.Penelitianinimenggunakanran-canganpenelitianekperimenkuasi(QuasiExperimenaldesign)dengandesainPreTest-PostTestControlGroupDesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri3Sawootahunajaran2012/2013yangterdiridariduakelasyaitukelasVIIAdanVIID.Instrumendalampenelitianinimenggunakantesobjektif.Analisadatayangdigunakanadalahujit.Berdasarkananalisisuji-tgainscoredapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri3SawoopadakelasTGTdankelasSTADdimanahasilbelajarkelasSTADlebihtinggidaripadakelasTGT.Saranyangdapatdiajukandaripenelitianadalah1)Bagigurusebaiknyamene-rapkanmodelpembelajaranSTADpadatopikatmosferdikelaslainsehinggahasilbelajaryangdiperolehsiswalebihmaksimal.Guruperlumengaturpenge-lolaanwaktuyangtepatpadasaatmerencakanpembelajaransehinggasemuake-giatanpembelajarandenganmenggunakanmodelSTADdapatterlaksanadenganbaik.Saatpembelajaranberlangsungguruperlumemotivasisiswauntuksalingmembantudalammengerjakantugasmendorongsiswauntukmemberikanpendapatdalamdiskusikelompokmendorongsiswauntukberanimengungkapkanpendapatdidepandanmemberikanmotivasipadaseluruhsiswaterutamapadasiswayangberkemampuanlebihrendahagarmerekalebihaktifdalampembelajarankarenadapatmendorongpeningkatanaktivitasdanhasilbelajar2)Bagipenelitilainsebaiknyamengkajihasilskrispsiinisebagaibahanuntukmenyempurnakanmodelpembelajaranyangsedangditelitimelengkapikekuranganpadahasilpenelitianinidanmencobamenerapkanpadamaterilainmatapelajaranlaindanjenjangpendidikanlain.