Perbandingan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) denga Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS geografi kelas VII SMP Negeri 3 Sawoo Ponorogo / Wahyu Ria Patriana
Main Author: | Patriana, Wahyu Ria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53069/ |
Daftar Isi:
- KataKunciTGTSTADhasilbelajarIPSGeografiPembelajarandiSMPNegeri3SawoomasihdidominasidenganmetodeceramahdanpenggunaanLKSsehinggasaatpembelajaransiswaseringmelakukanaktivitasdiluarkontekspembelajaran.Guruperlumenggunakanmodelpembelajarankooperatif.Pembelajarankooperatifmenuntutsiswamenemukandanmembangunpengetahuannyasendiri.PembelajarankooperatifdalampenerapannyamenggunakanbeberapamodeldiantaranyaadalahTeamsGamesTournament(TGT)danStudentTeamAchievementDivision(STAD).ModelpembelajaranTGTdanSTADmemilikibeberapapersamaandanperbedaanpadatahapannya.PersamaanmodelTGTdanSTADdiantaranyapenyampaianmateriolehgurumembagikelasmenjadibeberapakelompokheterogendanadanyapenghargaan.PerbedaanmodelTGTdanSTADyaitudalamTGTdigunakangametournamentdimanasiswaberkompetisisebagaiwakilkelompokmelawananggotakelompokyanglainsedangkanSTADsiswadiberikankuisatautesindividudiakhirpem-belajaran.PenelitianterdahulumenunjukkanSTADlebihberpengaruhdaripadamodelpembelajaranTGT.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarayangmenggunakanmodelpembelajaranTGTdenganSTADpadasiswakelasVIISMPNegeri3Sawoo.Penelitianinimenggunakanran-canganpenelitianekperimenkuasi(QuasiExperimenaldesign)dengandesainPreTest-PostTestControlGroupDesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri3Sawootahunajaran2012/2013yangterdiridariduakelasyaitukelasVIIAdanVIID.Instrumendalampenelitianinimenggunakantesobjektif.Analisadatayangdigunakanadalahujit.Berdasarkananalisisuji-tgainscoredapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri3SawoopadakelasTGTdankelasSTADdimanahasilbelajarkelasSTADlebihtinggidaripadakelasTGT.Saranyangdapatdiajukandaripenelitianadalah1)Bagigurusebaiknyamene-rapkanmodelpembelajaranSTADpadatopikatmosferdikelaslainsehinggahasilbelajaryangdiperolehsiswalebihmaksimal.Guruperlumengaturpenge-lolaanwaktuyangtepatpadasaatmerencakanpembelajaransehinggasemuake-giatanpembelajarandenganmenggunakanmodelSTADdapatterlaksanadenganbaik.Saatpembelajaranberlangsungguruperlumemotivasisiswauntuksalingmembantudalammengerjakantugasmendorongsiswauntukmemberikanpendapatdalamdiskusikelompokmendorongsiswauntukberanimengungkapkanpendapatdidepandanmemberikanmotivasipadaseluruhsiswaterutamapadasiswayangberkemampuanlebihrendahagarmerekalebihaktifdalampembelajarankarenadapatmendorongpeningkatanaktivitasdanhasilbelajar2)Bagipenelitilainsebaiknyamengkajihasilskrispsiinisebagaibahanuntukmenyempurnakanmodelpembelajaranyangsedangditelitimelengkapikekuranganpadahasilpenelitianinidanmencobamenerapkanpadamaterilainmatapelajaranlaindanjenjangpendidikanlain.