Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Anita Eka Prestiana Dewi

Main Author: Dewi, Anita Eka Prestiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53067/
Daftar Isi:
  • DewiAnitaEkaPrestiana.2013.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningterhadapHasilBelajarGeografiSiswaSMA.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AchmadFatchanM.PdM.P(II)Dr.BudijantoM.Sos.KataKuncimodelpembelajaranProblemBasedLearninghasilbelajar.Kegiatanpembelajaranyangdilakukandisekolahseharusnyamampumeningkatkanpengetahuandankecakapanhidupdalammenghadapipermasalahanyangadadidunianyata.Padakenyataannyasiswahanyamengingatinformasiyangdiperolehdarigurutanpadituntutuntukmemahamidanmenghubungkandengankehidupansehari-harisehinggapengetahuanyangdidapatsiswamudahdilupakan.SalahsatumodelpembelajaranyangmampumengaitkanmateripelajarandengankehidupannyataadalahmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Modelpembelajaraninimenggunakanpermasalahannyatasebagaifokusbagisiswauntukbelajarmenyelesaikanmasalahsertamenciptakansendiripemahamannya.PenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu(quasiexperimendesign).SubjekpenelitianinisiswakelasXIIPSSMANegeri02BatuTahunAjaran2012/2013yangdibagimenjadiduakelompokyaitukontroldaneksperimen.KelasXIIS-4terpilihmenjadikelaseksperimenyangdiberiperlakuandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearningdankelasXIIS-2menjadikelaskontrolyangdiberiperlakuandenganpembelajaranyangbiasadilakukanolehgurugeografi.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahteshasilbelajar.Analisisdatapadapenelitianinidilakukandenganujibedaatauuji-tpadatarafsignifikansi945005.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilairata-ratahasilbelajarsiswapadakelaseksperimenyangdiberiperlakuandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearninglebihtinggidaripadanilairata-ratahasilbelajarsiswapadakelaskontrolyangdiberiperlakuandenganpembelajarankonvensional.Selainituberdasarkanhasiluji-tterhadapdatagainscorediketahuinilaihasilbelajarkelaseksperimenlebihbesardaripadanilaihasilbelajarkelaskontrol.DengandemikianmodelpembelajaranProblemBasedLearningberpengaruhsecarasignifikanterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Disarankanguruharusmempersiapkanbahan-bahanyangdapatdigunakanuntukmenunjangprosespencarianinformasidalammemecahkanmasalahuntukmeminimalisirkonsumsiwaktuyangbanyakpadamodelpembelajaranProblemBasedLearning.PenelitianinijugadiharapkandapatmenjadipertimbanganbagipenelitilainuntukmenyempurnakanpenelitiantentangpengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningterhadaphasilbelajargeografipadamateripelestarianlingkunganhidup.