Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Anita Eka Prestiana Dewi
Main Author: | Dewi, Anita Eka Prestiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53067/ |
Daftar Isi:
- DewiAnitaEkaPrestiana.2013.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningterhadapHasilBelajarGeografiSiswaSMA.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AchmadFatchanM.PdM.P(II)Dr.BudijantoM.Sos.KataKuncimodelpembelajaranProblemBasedLearninghasilbelajar.Kegiatanpembelajaranyangdilakukandisekolahseharusnyamampumeningkatkanpengetahuandankecakapanhidupdalammenghadapipermasalahanyangadadidunianyata.Padakenyataannyasiswahanyamengingatinformasiyangdiperolehdarigurutanpadituntutuntukmemahamidanmenghubungkandengankehidupansehari-harisehinggapengetahuanyangdidapatsiswamudahdilupakan.SalahsatumodelpembelajaranyangmampumengaitkanmateripelajarandengankehidupannyataadalahmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Modelpembelajaraninimenggunakanpermasalahannyatasebagaifokusbagisiswauntukbelajarmenyelesaikanmasalahsertamenciptakansendiripemahamannya.PenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu(quasiexperimendesign).SubjekpenelitianinisiswakelasXIIPSSMANegeri02BatuTahunAjaran2012/2013yangdibagimenjadiduakelompokyaitukontroldaneksperimen.KelasXIIS-4terpilihmenjadikelaseksperimenyangdiberiperlakuandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearningdankelasXIIS-2menjadikelaskontrolyangdiberiperlakuandenganpembelajaranyangbiasadilakukanolehgurugeografi.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahteshasilbelajar.Analisisdatapadapenelitianinidilakukandenganujibedaatauuji-tpadatarafsignifikansi945005.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilairata-ratahasilbelajarsiswapadakelaseksperimenyangdiberiperlakuandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearninglebihtinggidaripadanilairata-ratahasilbelajarsiswapadakelaskontrolyangdiberiperlakuandenganpembelajarankonvensional.Selainituberdasarkanhasiluji-tterhadapdatagainscorediketahuinilaihasilbelajarkelaseksperimenlebihbesardaripadanilaihasilbelajarkelaskontrol.DengandemikianmodelpembelajaranProblemBasedLearningberpengaruhsecarasignifikanterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Disarankanguruharusmempersiapkanbahan-bahanyangdapatdigunakanuntukmenunjangprosespencarianinformasidalammemecahkanmasalahuntukmeminimalisirkonsumsiwaktuyangbanyakpadamodelpembelajaranProblemBasedLearning.PenelitianinijugadiharapkandapatmenjadipertimbanganbagipenelitilainuntukmenyempurnakanpenelitiantentangpengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningterhadaphasilbelajargeografipadamateripelestarianlingkunganhidup.