Perbandingan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Amalia Putri Wijayanti

Main Author: Wijayanti, Amalia Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53066/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajaranGroupInvestigationmodelpembelajaranProblemBasedLearninghasilbelajarSalahsatumodelpembelajaranyangdapatmendukungsiswauntukmelakukanpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)melaluipengamatanlangsungkepadaobjeksesungguhnyaadalahmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearning.Keduapembelajaraninimemilikikarakteristikyanghampirsama.PerbedaannyaterletakjikamodelpembelajaranGroupInvestigationmenentukantemaatautopikyangakandipelajarisedangkanProblemBasedLearningharusmemberikansolusiterkaitpermasalahanyangdiberikanolehguru.HasilpenelitianterdahulumenunjukkanbahwahasilbelajarGeografiyangdiperolehsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningmengalamipeningkatan.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbandinganmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningterhadaphasilbelajarGeografiSMA.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasiExperimentwithPre-testPost-testGroupDesigndenganduakelompoksubyekpenelitianyangmemilikikemampuansama(homogen).LokasipenelitianinidilaksanakandiMANMalangIIBatu.Sampelpenelitianyangterdiridari2kelasyaitukelasXIIPS-4yangmendapatkanperlakuanmodelGroupInvestigationdankelasXIIPS-2yangmendapatkanperlakuanmodelProblemBasedLearning.PenilaianhasilbelajarGeografimenggunakanpre-testdanpost-testyangtelahdivalidasidanujireliabilitas.AnalisayangdigunakanadalahIndependentsampelT-Test.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwaterdapatperbedaanhasilbelajargeografidenganmenggunakanModelpembelajaranGroupInvestigationdanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.PembelajarandenganmenggunakanModelpembelajaranGroupInvestigationlebihungguldibandingkandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Haltersebutterbuktidarihasilrata-ratahasilbelajaryangmenunjukkankelasmodelGroupInvestigationlebihtinggiyaitu7967dibandingkandengankelasmodelProblemBasedLearningsebesar7448.Sehinggadapatdisimpulkanbahwakeduamodelpembelajarandapatdigunakansebagaireferensiolehgurumatapelajarangeografisebagaivariasipembelajaran.MateriyangakandigunakandankarakteristiksiswaharusdisesuaikandenganmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningagarsiswasenantiasamengalamipeningkatanpadakemampuankognitif.