Perbandingan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Amalia Putri Wijayanti
Main Author: | Wijayanti, Amalia Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53066/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranGroupInvestigationmodelpembelajaranProblemBasedLearninghasilbelajarSalahsatumodelpembelajaranyangdapatmendukungsiswauntukmelakukanpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)melaluipengamatanlangsungkepadaobjeksesungguhnyaadalahmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearning.Keduapembelajaraninimemilikikarakteristikyanghampirsama.PerbedaannyaterletakjikamodelpembelajaranGroupInvestigationmenentukantemaatautopikyangakandipelajarisedangkanProblemBasedLearningharusmemberikansolusiterkaitpermasalahanyangdiberikanolehguru.HasilpenelitianterdahulumenunjukkanbahwahasilbelajarGeografiyangdiperolehsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningmengalamipeningkatan.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbandinganmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningterhadaphasilbelajarGeografiSMA.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasiExperimentwithPre-testPost-testGroupDesigndenganduakelompoksubyekpenelitianyangmemilikikemampuansama(homogen).LokasipenelitianinidilaksanakandiMANMalangIIBatu.Sampelpenelitianyangterdiridari2kelasyaitukelasXIIPS-4yangmendapatkanperlakuanmodelGroupInvestigationdankelasXIIPS-2yangmendapatkanperlakuanmodelProblemBasedLearning.PenilaianhasilbelajarGeografimenggunakanpre-testdanpost-testyangtelahdivalidasidanujireliabilitas.AnalisayangdigunakanadalahIndependentsampelT-Test.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwaterdapatperbedaanhasilbelajargeografidenganmenggunakanModelpembelajaranGroupInvestigationdanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.PembelajarandenganmenggunakanModelpembelajaranGroupInvestigationlebihungguldibandingkandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Haltersebutterbuktidarihasilrata-ratahasilbelajaryangmenunjukkankelasmodelGroupInvestigationlebihtinggiyaitu7967dibandingkandengankelasmodelProblemBasedLearningsebesar7448.Sehinggadapatdisimpulkanbahwakeduamodelpembelajarandapatdigunakansebagaireferensiolehgurumatapelajarangeografisebagaivariasipembelajaran.MateriyangakandigunakandankarakteristiksiswaharusdisesuaikandenganmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningagarsiswasenantiasamengalamipeningkatanpadakemampuankognitif.