Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang / Usnul Khotimah

Main Author: Khotimah, Usnul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53061/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelpembelajarantalkingstickhasilbelajargeografiObservasipadabulanOktober2012diSMATamansiswa(TamanMadya)menunjukkanadanyakesenjanganantarastandarnasionaldengankondisinyatayangadadisekolahsehinggamenyebabkanadanyapermasalahan.PermasalahantersebutyaitumengenaihasilbelajarsiswayangrendahpadaUlanganTengahSemester(UTS)Ganjiltahunajaran2012/2013.Hasilnilairata-ratamatapelajarangeografikelasXIIPSdari31siswaadalah4755dengannilaitertinggi62dannilaiterendah28sedangkanstandarnilaiketuntasanminimalyangditetapkansekolahuntukkelasXIIPSadalah75.Upayayangdilakukanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanmodelpembelajarantalkingstick.BerdasarkanpermasalahantersebutrumusanmasalahpadapenelitianiniyaitubagaimanakahpenerapanmodelpembelajarantalkingstickdapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswakelasXIIPSSMATamansiswa(TamanMadya)Malang.JenispenelitianiniadalahPTK.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajarangeografikompetensidasarmendeskripsikanpemanfaatanlingkunganhidupdalamkaitannyadenganpembangunanberkelanjutandenganmenggunakanmodelpembelajarantalkingstick.PenelitiandilakukandiSMATamansiswa(TamanMadya)MalangdengansubjekpenelitiankelasXIIPSSMATamansiswa(TamanMadya)Malangdenganjumlah31siswa.Datadalampenelitianiniadalahhasilbelajargeografisiswa.PengumpulandatadilakukandenganpemberiantespadapratindakansiklusIdansiklusII.Analisisdatadilakukandengancaramembandingkanrata-ratahasilbelajarsiswapratindakandengansiklusIdansiklusIIdenganmenggunakantabeldangrafik.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarantalkingstickdapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswa.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwanilairata-ratasiswamengalamipeningkatandaripratindakan644menjadi768padasiklusIataumeningkatsebesar1925%dandarisiklusI768menjadi886padasiklusIIataumeningkatsebesar1536%.Berdasarkanpaparantersebutdapatdikatakanbahwapemberiantindakanberhasilkarenapeningkatanhasilbelajarsudahmencapaistandaryangditetapkanyaitu15%.Padasaatpelaksanaanmodelpembelajarantalkingstickguruharusmemberikanpenjelasanyangjelasmengenaisintaktalkingstickagarsiswatidakramaidantongkatdapatberjalansesuaiurutan.Selainituuntukmendorongsemangatsiswapadasaatpembelajarangurujugaharusmemperhatikanmengenaipemilihanlaguyangsesuaidengankarakteristiksiswa.