Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang / Usnul Khotimah
Main Author: | Khotimah, Usnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53061/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelpembelajarantalkingstickhasilbelajargeografiObservasipadabulanOktober2012diSMATamansiswa(TamanMadya)menunjukkanadanyakesenjanganantarastandarnasionaldengankondisinyatayangadadisekolahsehinggamenyebabkanadanyapermasalahan.PermasalahantersebutyaitumengenaihasilbelajarsiswayangrendahpadaUlanganTengahSemester(UTS)Ganjiltahunajaran2012/2013.Hasilnilairata-ratamatapelajarangeografikelasXIIPSdari31siswaadalah4755dengannilaitertinggi62dannilaiterendah28sedangkanstandarnilaiketuntasanminimalyangditetapkansekolahuntukkelasXIIPSadalah75.Upayayangdilakukanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanmodelpembelajarantalkingstick.BerdasarkanpermasalahantersebutrumusanmasalahpadapenelitianiniyaitubagaimanakahpenerapanmodelpembelajarantalkingstickdapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswakelasXIIPSSMATamansiswa(TamanMadya)Malang.JenispenelitianiniadalahPTK.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajarangeografikompetensidasarmendeskripsikanpemanfaatanlingkunganhidupdalamkaitannyadenganpembangunanberkelanjutandenganmenggunakanmodelpembelajarantalkingstick.PenelitiandilakukandiSMATamansiswa(TamanMadya)MalangdengansubjekpenelitiankelasXIIPSSMATamansiswa(TamanMadya)Malangdenganjumlah31siswa.Datadalampenelitianiniadalahhasilbelajargeografisiswa.PengumpulandatadilakukandenganpemberiantespadapratindakansiklusIdansiklusII.Analisisdatadilakukandengancaramembandingkanrata-ratahasilbelajarsiswapratindakandengansiklusIdansiklusIIdenganmenggunakantabeldangrafik.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarantalkingstickdapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswa.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwanilairata-ratasiswamengalamipeningkatandaripratindakan644menjadi768padasiklusIataumeningkatsebesar1925%dandarisiklusI768menjadi886padasiklusIIataumeningkatsebesar1536%.Berdasarkanpaparantersebutdapatdikatakanbahwapemberiantindakanberhasilkarenapeningkatanhasilbelajarsudahmencapaistandaryangditetapkanyaitu15%.Padasaatpelaksanaanmodelpembelajarantalkingstickguruharusmemberikanpenjelasanyangjelasmengenaisintaktalkingstickagarsiswatidakramaidantongkatdapatberjalansesuaiurutan.Selainituuntukmendorongsemangatsiswapadasaatpembelajarangurujugaharusmemperhatikanmengenaipemilihanlaguyangsesuaidengankarakteristiksiswa.