Pengembangan media CD pembelajaran interaktif pada mata pelajaran geografi kelas X semester II topik atmosfer / Fauzi Fatkturrohman
Main Author: | Fatkturrohman, Fauzi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53060/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengembanganCDPembelajaraninteraktifAtmosferMediaCDInteraktifmerupakansalahsatumediayangdapatdigunakandalampembelajaran.PenggunaanmediaCDpembelajaraninteraktifdalampembelajarandapatmenimbulkanmanfaatataunilaitertentudarisegipenggunaannyakarenadalampenyampaianyamemadukanunsuraudiovisualsertainteraktifitassehinggadapatmenarikminatpengguna.BerdasarkanobservasiawaldilapanganbahwadisekolahtersebutbelummenggunakanCDpembelajarandalampembelajaranmeskipundisanatersediasaranabelajaryangmemadailuasnyamateritentangatmosferdanterbatasnyawaktuyangdigunakandalampenyampaianmaterimembuatsiswamerasajenuhdalampembelajaranjikahanyamenggunakanmediasederhanadalampenyampaiannya.OlehkarenaituperluadanyapenyediaansumberbelajarberupamediapembelajaranyangdidesaindalambentukCDpembelajaraninteraktif.PengembanganinidilaksanakandengantujuanmenghasilkanmediapembelajaranberupaCDpembelajaraninteraktifpadamatapelajaranGeografikelasXTopikAtmosferyangtelahmelaluiprosesvalidasi.MediaCDpembelajaranInteraktiftersebutdapatdigunakanolehsiswakelasXsebagaipembelajaranmandiridanuntukkeperluanindividukelasdankelompok.Sehinggasiswamemilikivariasidalammenerimamaterigeografikhususnyatopikatmosfer.PengembanganmediaCDpembelajaraninteraktifinimenggunakanmodelpengembanganproseduralyangbersifatdeskriptif.Pengembangandilakukandenganmenggariskanlangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkanproduk.DalampengembangantersebutterdiridariduatahapyaitupengembanganCDpembelajaraninteraktifsebagaimediapembelajarandanvalidasimediaCDpembelajarantersebut.HasilpengembanganmediaCDpembelajaraninteraktifMataPelajaranGeografiKelasXTopikAtmosferdiSMALaboratoriumUMdiperolehdariskorrata-ratabeberapaaspekmeliputiaspektampilankemenarikanbahasadanpengoperasian.Untukaspektampilannilairata-ratayangdiperolehdarimuridadalah91.Untukaspekkemenarikannilairata-ratayangdiperolehdarimuridadalah88.Untukaspekbahasanilairata-ratayangdiperolehdarimuridadalah83.Sedangkanuntukaspekpengoperasiannilairata-ratayangdiperolehdarimuridadalah89.Sehinggarata-ratajumlahskornilaiyangdiberikanaudiens(murid)adalah88dengankualifikasisangatlayak.BerdasarkanhasilpengembanganyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwamediaCDPembelajaranInteraktifpadamatapelajarangeografikelasXtopikatmosferinivalid/layakdigunakansebagaimediapembelajaran.