Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IS-2 SMA Negeri 2 Malang / Amris Fauzi

Main Author: Fauzi, Amris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53043/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranKooperatifTeamGameTournament(TGT)hasilbelajarObservasiawaldiketahuibahwametodepembelajaranGeografiyangdilakukanolehgurumatapelajarankelasXIIS-2diSMANegeri2Malangadalahceramahpenugasandandiskusisederhana.Metodeyangdigunakanmasihkurangmelibatkansiswadalamprosespembelajaransehinggasiswacenderunghanyamenerimaapayangdiberikanolehgurukurangnyaketerlibatansiswadalambelajarmenyebabkanhasilbelajarsiswadalammencapaikompetensidasarmasihrendah.Halituterlihatdarihasilbelajarsiswadenganketuntasanklasikalsebesar56%danrata-ratakelasnyasebesar7169.Jumlahketuntasanbelajarsiswaitukurangdaristandarketuntasanminimal(SKM)untukmatapelajaranGeografisebesar75danketuntasanbelajarklasikalnyasebesar85%.HasilbelajartersebutperludiperbaikidenganmenerapkanmodelpembelajaranTeamGameTournament(TGT)karenamodelitudapatmeningkatkanketerlibatansiswasiswamenjadibersemangatdalambelajardanmeningkatkankerjasamasiswa.PenelitianinibertujuanmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTeamGameTournament(TGT)untukmeningkatkanhasilbelajargeografisiswakelasXIIS-2diSMANegeri2MalangdilaksanakanpadabulanNopemberDesember2009.Penelitianinidilakukandalam2siklusteknikpengumpulandatamelaluites.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidaripratindakankesiklus1dansiklus1kesiklus2.Rata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakansebesar7169padasiklus1meningkatmenjadi7486danpadasiklus2meningkatmenjadi8378.Ketuntasanbelajarjugamengalamipeningkatanpadaprosespembelajaranpratindakansebesar56%siklus1sebesar78%danpadasiklus2menjadi91%.Berdasarkanhasiltersebutdisarankan(1)BagigurugeografiagarmenggunakanmodelTeamGameTournamentuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(2)BagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajarankooperatifmodelTeamGameTournamentdengansubjekpenelitianyangberbeda