Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) berbasis keterampilan berfikir kritis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMPN 18 Malang / Febri Permitasari
Main Author: | Permitasari, Febri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53031/ |
Daftar Isi:
- KatakunciThinkPairSharehasilbelajarHasilwawancaradanobservasiawaldilakukandiSMPNegeri18MalangdiketahuibahwakelasVII-Fmerupakankelasyangnilainyapalingrendahdiantarakelasyanglain.Gurumenggunakanmetodeceramahdalamkegiatanpembelajaranhalinimenyebabkansiswakurangmemahamimateri.Melihathasilobservasiawalyangtelahdilakukanperludilakukanupaya-upayayangmampumemperbaikikondisikelas.UpayayangdilakukanuntukmengatasimasalahtersebutdilakukanpembelajarandenganmenggunakanmodelThinkPairShare(TPS)berbasiskemampuanberfikirkritis.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklustindakansetiapsiklusterdiriduakalipertemuanselama2jampelajaran.SubjekpenelitianyangdigunakandalampenelitiantindakankelasinisiswakelasVII-Fsemestergenaptahunajaran2011-2012SMPNegeri18Malangdenganjumlah42siswaterdiridari25siswalaki-lakidan17siswaperempuan.Datayangdiperolehdalampenelitianiniberupaaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Aktivitassiswadiamatiselamapembelajaransedangkanhasilbelajardiukurdisetiaptesakhirsiklus.Instrumenyangdigunakanberupalembarobservasisoaltesdancatatanlapangan.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswayangdiketahuiberdasarkannilairata-ratasiswadaritesyangdilakukandisetiapakhirsiklussebesar6742padasikluspertamadanmeningkatmenjadi7182padasikluskedua.Peningkatanhasilbelajarsiswaselamadilakukannyatindakansebesar605%.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehbahwapenggunaanmodelThinkPairShareberbasiskemampuanberfikirkritisdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-FSMPNegeri18MalangpadamateriAtmosferdanHidrosfer.GurugeografidisarankanmenerapkanmodelpembelajaranThinkPairShareberbasiskemampuanberfikirkritissebagaialternatifpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmemperhatikanalokasiwaktudanpengelolaankelasdenganmatang.