Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang / Agustin Eka Ariestari

Main Author: Ariestari, Agustin Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53026/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajarankooperatifThinkPairSharehasilbelajarHasilobservasiawalyangdilakukanpadatanggal09dan10Mei2012diKelasVII-Amenunjukkanbahwapembelajaranbelumberpusatpadasiswa.HaltersebutdiperkuatdenganhasilbelajarsiswayangmasihdibawahStandarKetuntasanMinimal.Untukmengatasipermasalahantersebutperludilakukanpenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifThinkPairSharedalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-ASMPBrawijayaSmartSchoolMalang.JenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas.Kegiatanpembelajaranterdiridariduasiklus.Pengambilandatadilakukandenganobservasidantesformatif.MateriyangdigunakandalampenelitianiniadalahPolaKegiatanEkonomiPendudukPenggunaanLahandanPolaPermukimanPendudukBerdasarkanKondisiFisikMukaBumi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadapratindakannilairata-ratakelassebesar6359dengan6siswatuntasSiklusI7516dengan18siswatuntasdanSiklusII8219denganjumlahsiswatuntas28siswa.Nilairata-ratakelasinimengalamipeningkatantiapsiklusyaitusebesar1819%padaSiklusIdansebesar935%padaSiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)SekolahdiharapkanmenggalakkanpenggunaanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShareuntukperbaikanpembelajarandanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Upayamerealisasikannyamelaluisosialisasipenggunaanpembelajarankooperatifataupunmengikutsertakanguru-gurumatapelajarandalampelatihantentangpenerapanpembelajarankooperatifdenganmodelThinkPairShare(2)guruhendaknyaberusahamenggunakanpembelajarankooperatifmodelThinkPairSharesebagaitindakankelasuntukmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranIPSGeografi.UpayapelaksanaannyadenganpembuatanRancanganPembelajaranyangdisusundenganmemasukkantatacarapembelajarankooperatifThinkPairSharedalamkegiatanintiyangjugadisesuaikandenganevaluasipembelajaransehinggapembelajaranlebihoptimaldandapatlebihmeningkatkanhasilbelajarsiswa(3)PenulismengharapkanpenelitianinidapatmenjadiacuanbagipenelitiselanjutnyadalampenelitianmaupunpenulisankaryailmiahmerekadalampenerapanpembelajarankooperatifThinkPairShareuntukmengukuraspekyanglain.