Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang / Agustin Eka Ariestari
Main Author: | Ariestari, Agustin Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53026/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajarankooperatifThinkPairSharehasilbelajarHasilobservasiawalyangdilakukanpadatanggal09dan10Mei2012diKelasVII-Amenunjukkanbahwapembelajaranbelumberpusatpadasiswa.HaltersebutdiperkuatdenganhasilbelajarsiswayangmasihdibawahStandarKetuntasanMinimal.Untukmengatasipermasalahantersebutperludilakukanpenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifThinkPairSharedalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-ASMPBrawijayaSmartSchoolMalang.JenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas.Kegiatanpembelajaranterdiridariduasiklus.Pengambilandatadilakukandenganobservasidantesformatif.MateriyangdigunakandalampenelitianiniadalahPolaKegiatanEkonomiPendudukPenggunaanLahandanPolaPermukimanPendudukBerdasarkanKondisiFisikMukaBumi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadapratindakannilairata-ratakelassebesar6359dengan6siswatuntasSiklusI7516dengan18siswatuntasdanSiklusII8219denganjumlahsiswatuntas28siswa.Nilairata-ratakelasinimengalamipeningkatantiapsiklusyaitusebesar1819%padaSiklusIdansebesar935%padaSiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)SekolahdiharapkanmenggalakkanpenggunaanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShareuntukperbaikanpembelajarandanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Upayamerealisasikannyamelaluisosialisasipenggunaanpembelajarankooperatifataupunmengikutsertakanguru-gurumatapelajarandalampelatihantentangpenerapanpembelajarankooperatifdenganmodelThinkPairShare(2)guruhendaknyaberusahamenggunakanpembelajarankooperatifmodelThinkPairSharesebagaitindakankelasuntukmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranIPSGeografi.UpayapelaksanaannyadenganpembuatanRancanganPembelajaranyangdisusundenganmemasukkantatacarapembelajarankooperatifThinkPairSharedalamkegiatanintiyangjugadisesuaikandenganevaluasipembelajaransehinggapembelajaranlebihoptimaldandapatlebihmeningkatkanhasilbelajarsiswa(3)PenulismengharapkanpenelitianinidapatmenjadiacuanbagipenelitiselanjutnyadalampenelitianmaupunpenulisankaryailmiahmerekadalampenerapanpembelajarankooperatifThinkPairShareuntukmengukuraspekyanglain.