Pengaruh penggunaan media CD pembelajaran pada materi hidrosfer terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Irmawati
Main Author: | Irmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53007/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediaCDPembelajaranminatbelajarsiswahasilbelajarsiswaProsespembelajaranmerupakanproseskomunikasiantaragurudengansiswa.Dalamprosespembelajaranseringkaligurumenyampaikanmaterihanyadenganmetodeceramahdantidakmemanfaatkanmediayangtelahdisediakan.Haliniakanmenurunkanminatsiswakarenaakanmerasabosantidaktertarikdanmengurangiperhatiansiswa.Minatsiswayangrendahakanberdampakpadapemahamansiswaterhadapmaterisehinggahasilsiswapunakanmenurun.SalahsatucarauntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmemanfaatkanmediasepertimediaCDPembelajaran.Mediainidipilihkarenamemilikibeberapakelebihandiantaranyamampumenampilkananimasibergerakdilengkapidenganaudiodangambar-gambaryangtampilannyamenarik.Mediainiakanmenariksiswadantidakmembosankansehinggasiswaakanlebihmudahmemahamiisimaterisecaraoptimal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediaCDPembelajaranpadamateriHidrosferterhadapminatbelajarsiswakelasXSMANegeri7Malang.SelainpadaminatbelajarsiswatujuanpenelitianinijugauntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediaCDPembelajaranpadamateriHidrosferterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMANegeri7Malang.Penelitianinitermasukpenelitiansemu(QuasiExperiment)dengandesainpenelitianpretest-postestcontrolgroupdesaign.SubyekdalampenelitianiniterdapatduakelasyaitukelasX-6sebagaikelaskontroldankelasX-2sebagaikelaseksperimen.Instrumenpenelitianpadaminatbelajarsiswaberupaangketminatbelajarsedangkanpadahasilbelajarsiswaberupatesesaiyangdigunakanuntukpratestdanpascatest.Teknikanalisisdataminatdanhasilbelajardimulaidenganujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.BerdasarkanhasilanalisisdiperolehperbedaanminatdanhasilbelajarsiswaantarakelaseksperimenyangmenggunakanmediaCDPembelajarandengankelaskontrolyangmemanfaatkanmediagambar.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwarata-ratakelaseksperimenlebihbaikdibandingkankelaskontrol.Dataminatbelajarsiswajugamenunjukkankelaseksperimenmempunyaiminatbelajaryanglebihtinggidaripadakelaskontrol.JadidarihasilanalisisdapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediaCDPembelajaranmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapminatdanhasilbelajarsiswa.Disarankanbagisekolahagarmenganjurkankepadaguru-guruuntukmenggunakanmediaCDPembelajarandalamprosespembelajarandanbagiguruagarmenggunakanmediaCDPembelajaranketikamenemukanpermasalahantentangminatdanhasilbelajarsiswa.Bagipenelitiselanjutnyadapatmenambahvariabelsepertimotivasisiswakeaktifansiswaatauretensibelajarsiswa.