Pengaruh penggunaan media CD pembelajaran pada materi hidrosfer terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Irmawati

Main Author: Irmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53007/
Daftar Isi:
  • KataKuncimediaCDPembelajaranminatbelajarsiswahasilbelajarsiswaProsespembelajaranmerupakanproseskomunikasiantaragurudengansiswa.Dalamprosespembelajaranseringkaligurumenyampaikanmaterihanyadenganmetodeceramahdantidakmemanfaatkanmediayangtelahdisediakan.Haliniakanmenurunkanminatsiswakarenaakanmerasabosantidaktertarikdanmengurangiperhatiansiswa.Minatsiswayangrendahakanberdampakpadapemahamansiswaterhadapmaterisehinggahasilsiswapunakanmenurun.SalahsatucarauntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmemanfaatkanmediasepertimediaCDPembelajaran.Mediainidipilihkarenamemilikibeberapakelebihandiantaranyamampumenampilkananimasibergerakdilengkapidenganaudiodangambar-gambaryangtampilannyamenarik.Mediainiakanmenariksiswadantidakmembosankansehinggasiswaakanlebihmudahmemahamiisimaterisecaraoptimal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediaCDPembelajaranpadamateriHidrosferterhadapminatbelajarsiswakelasXSMANegeri7Malang.SelainpadaminatbelajarsiswatujuanpenelitianinijugauntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediaCDPembelajaranpadamateriHidrosferterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMANegeri7Malang.Penelitianinitermasukpenelitiansemu(QuasiExperiment)dengandesainpenelitianpretest-postestcontrolgroupdesaign.SubyekdalampenelitianiniterdapatduakelasyaitukelasX-6sebagaikelaskontroldankelasX-2sebagaikelaseksperimen.Instrumenpenelitianpadaminatbelajarsiswaberupaangketminatbelajarsedangkanpadahasilbelajarsiswaberupatesesaiyangdigunakanuntukpratestdanpascatest.Teknikanalisisdataminatdanhasilbelajardimulaidenganujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.BerdasarkanhasilanalisisdiperolehperbedaanminatdanhasilbelajarsiswaantarakelaseksperimenyangmenggunakanmediaCDPembelajarandengankelaskontrolyangmemanfaatkanmediagambar.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwarata-ratakelaseksperimenlebihbaikdibandingkankelaskontrol.Dataminatbelajarsiswajugamenunjukkankelaseksperimenmempunyaiminatbelajaryanglebihtinggidaripadakelaskontrol.JadidarihasilanalisisdapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediaCDPembelajaranmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapminatdanhasilbelajarsiswa.Disarankanbagisekolahagarmenganjurkankepadaguru-guruuntukmenggunakanmediaCDPembelajarandalamprosespembelajarandanbagiguruagarmenggunakanmediaCDPembelajaranketikamenemukanpermasalahantentangminatdanhasilbelajarsiswa.Bagipenelitiselanjutnyadapatmenambahvariabelsepertimotivasisiswakeaktifansiswaatauretensibelajarsiswa.