Penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1, SMA Negeri 1 Gondang, Tulungagung pada mata pelajaran geografi / Frengki Desi Kayanto
Main Author: | Kayanto, Frengki Desi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52996/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajarankooperatifmodelStudentTeams-AchievmentDivisions(STAD)HasilbelajarBerdasarkanobservasiterhadapprosespembelajaranyangdilakukandiSMANegeri1GondangTulungagungdiketahuibahwabelumterjadiprosespembelajaranyangterpusat.Gurumenjadisatu-satunyasumberinformasibagisiswagurubelummenggunakanmodel-modelpembelajaransebagaistrategidalampembelajaranselainitusiswamasihmengandalkanLKSmenjadisatu-satunyasumberpembelajaran.Gurujugabelumbisamemotivasisemangatbelajarsiswasehinggasuasanabelajarcenderungmembosankan.Berdasarkanobservasidaridokumenpenilaianhasilbelajardanbiografiumumparasiswamenunjukkanbahwanilaitespadamaterisebelumnyahanyaterdapat15siswayangmendapatkannilaiketuntasandan21siswayangmendapatnilaidibawahKKM.Kemudianberdasarkandokumentasibiografisiswamenunjukkanbahwarata-ratapekerjaanorangtuasiswaadalahpetani.Setiapsiswamemilikikondisiperekonomianyangmasihrendahsehinggamerekaharusmembantuorangtuanyauntukbekerjaataumenjagaadiknyakarenarata-ratamemilikisaudara3sehinggatidakmemilikiwaktubelajaryangcukupuntukbelajar.UntukmengatasipermasalahantersebutmakadilakukanpenelitiandenganmenerapanmetodepembelajaranStudentTeams-AchievmentDivisions(STAD)yangbertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswakelasXIIPS1SMANegeri1GondanganTulungagungdalammatapelajaranIPSGeografi.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)yangterdiridari2siklussikluspertamadilaksanakandalam2pertemuandansikluskeduajugadilaksanakandalam2pertemuan.Masing-masingsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandikelasXIIPS1denganjumlahsiswa36orang.Datadalampenelitianiniberupahasilbelajarsiswa.Instrumenyangdigunakanyaitusoalteshasilobservasidandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanhasilbelajarGeografisiswakelasXIIPS1SMANegeri1GondangTulungagung.Rata-ratanilaisebelumtindakanadalah6622mengalamipeningkatanpadasiklusImenjadi7986danmeningkatlagipadasiklusIImenjadi8275.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankan(1)bagiguruIPSGeografimodelpembelajaranStudentTeams-AchievmentDivisions(STAD)dapatdijadikansebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)Perlumemperhatikantingkatkesulitanbutirsoaldanalokasiwaktuagartujuanpembelajarandapatberlangsungsertatahapanpelaksanaankegiatanpembelajarandapatberlangsungdenganbaik.