Penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1, SMA Negeri 1 Gondang, Tulungagung pada mata pelajaran geografi / Frengki Desi Kayanto

Main Author: Kayanto, Frengki Desi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52996/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajarankooperatifmodelStudentTeams-AchievmentDivisions(STAD)HasilbelajarBerdasarkanobservasiterhadapprosespembelajaranyangdilakukandiSMANegeri1GondangTulungagungdiketahuibahwabelumterjadiprosespembelajaranyangterpusat.Gurumenjadisatu-satunyasumberinformasibagisiswagurubelummenggunakanmodel-modelpembelajaransebagaistrategidalampembelajaranselainitusiswamasihmengandalkanLKSmenjadisatu-satunyasumberpembelajaran.Gurujugabelumbisamemotivasisemangatbelajarsiswasehinggasuasanabelajarcenderungmembosankan.Berdasarkanobservasidaridokumenpenilaianhasilbelajardanbiografiumumparasiswamenunjukkanbahwanilaitespadamaterisebelumnyahanyaterdapat15siswayangmendapatkannilaiketuntasandan21siswayangmendapatnilaidibawahKKM.Kemudianberdasarkandokumentasibiografisiswamenunjukkanbahwarata-ratapekerjaanorangtuasiswaadalahpetani.Setiapsiswamemilikikondisiperekonomianyangmasihrendahsehinggamerekaharusmembantuorangtuanyauntukbekerjaataumenjagaadiknyakarenarata-ratamemilikisaudara3sehinggatidakmemilikiwaktubelajaryangcukupuntukbelajar.UntukmengatasipermasalahantersebutmakadilakukanpenelitiandenganmenerapanmetodepembelajaranStudentTeams-AchievmentDivisions(STAD)yangbertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswakelasXIIPS1SMANegeri1GondanganTulungagungdalammatapelajaranIPSGeografi.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)yangterdiridari2siklussikluspertamadilaksanakandalam2pertemuandansikluskeduajugadilaksanakandalam2pertemuan.Masing-masingsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandikelasXIIPS1denganjumlahsiswa36orang.Datadalampenelitianiniberupahasilbelajarsiswa.Instrumenyangdigunakanyaitusoalteshasilobservasidandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanhasilbelajarGeografisiswakelasXIIPS1SMANegeri1GondangTulungagung.Rata-ratanilaisebelumtindakanadalah6622mengalamipeningkatanpadasiklusImenjadi7986danmeningkatlagipadasiklusIImenjadi8275.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankan(1)bagiguruIPSGeografimodelpembelajaranStudentTeams-AchievmentDivisions(STAD)dapatdijadikansebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)Perlumemperhatikantingkatkesulitanbutirsoaldanalokasiwaktuagartujuanpembelajarandapatberlangsungsertatahapanpelaksanaankegiatanpembelajarandapatberlangsungdenganbaik.