Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam matapelajaran IPS Geografi pada materi atmosfer dan hidrosfer kelas VII-F SMP Negeri 13 Malang / Nur Juanita Fitria N
Main Author: | Fitria N, Nur Junita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52988/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajarankooperatifmodelNHTkeaktifanbelajarsiswaSMPNegeri13MalangBerdasarkanhasilObservasiawalpadatanggal21Oktober2011dikelasVII-FSMPNegeri13MalangdiketahuibahwasejauhinipembelajaranIPSGeografidikelastersebutmasihdidominasidenganpenggunaanmetodeceramahyangdilanjutkandenganpemberiantugasmengerjakanLKSkegiatanpembelajaranmasihterfokusdidalamkelassiswacenderungpasifdalammengikutiprosespembelajarandanhanyamengandalkanketerangansertapenjelasandariguru.Datadokumentasigurumenyebutkanbahwadari42siswayangtergolongaktifdalampembelajaranhanya2143%danselebihnyacenderungpasif.Sedangkandarihasilobservasisecaralangsungdidapatkandatapencapaiankeaktifanbelajarsiswayangmeliputikegiatan(a)bertanya167%(b)menjawabpertanyaan214%(c)beranimengungkapkanpendapat119%dan(d)bekerjasecarakelompok381%.Penelitianinidirancangdenganmenggunakanpenelitiantindakankelasdenganbeberapasiklus.Setiapsiklusterdiri4tahapkegiatanyangmeliputiperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukanmelaluiobservasidenganberpedomanpadalembarobservasikeaktifanbelajarsiswadanketerlaksanaankegiatanguru.PenelitiandilakukandikelasVII-FSMPNegeri13Malangdenganjumlahsiswasebanyak42orangpadamateriAtmosferdanHidrosfersertaDampaknyabagiKehidupan.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwasetelahditerapkanmodelpembelajaranNHTpadasikluspertamakeaktifanbelajarsiswamasihcukuprendahyangditandaidenganpencapaiankeaktifanklasikalsebesar381%.PadasiklusIIgurumelakukanbeberapaperbaikanpadapelaksanaanprosespembelajaransertamemotivasisiswasupayalebihaktifsehinggakeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalmengalamipeningkatanmenjadi881%.SelainadanyaupayaperbaikanprosespembelajaranyangdiupayakanolehguruadanyapeningkatankeaktifanbelajarsiswapadasiklusIItersebutjugadikarenakanadanyausahadariparasiswauntukmempelajarimaterisebelumdilaksanakannyaprosespembelajaran.Dengandemikiansiswamenjadilebihsiapdandapatmemberikanresponselamamengikutikegiatanpembelajaranbaikmelaluikegiatanbertanyamenjawabpertanyaanmengungkapkanpendapatmaupunbekerjasecarakelompok.