Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VII E di SMP Negeri 9 Malang / Hapsari DWI Sulaksmi
Main Author: | Sulaksmi, Hapsari Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52975/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelTeamsGamesTournamentkeaktifanbelajarsiswaHasilobservasiyangdilakukandikelasVIIESMPNegeri9Malangmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswamasihtergolongrendah.Diketahui70%siswaterlihatpasif.Padasaatpembelajaransiswakurangmendengarkanpenjelasanguru.Ketikagurumemberipertanyaansiswatidakmenjawabdankurangmerespon.Selainitusiswamelakukankegiatanyangbertentangandengankeaktifandalampembelajaranyaknibermainsendiridanmengganggutemanyanglain.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranTGTuntukmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Tiapsiklusdilaksanakanduakalipertemuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIEsemestergasaltahunajaran2011-2012denganjumlahsiswasebanyak40orang.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimeliputiobservasidancatatanlapangan.Instrumenyangdigunakanberupalembarobservasikeaktifansiswadanformatcatatanlapangan.Analisisdatapadalembarobservasikeaktifanterdiridari6indikatorkeaktifanantaralainvisualactivitiesoralactivitieslisteningactivitieswritingactivitiesmentalactivitiesdanemotionalactivities.Penilaiankeaktifanbelajarsiswadiukurdenganrentanganskor1-3padatiapindikatornya.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImeningkat.KeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalpadasiklusImencapai65%danpadasiklusIImencapai85%.DarihasilpenelitianinidisarankanbagiguruIPSgeografiuntukmenerapkanmodelpembelajaranTGTsebagaialternatifmodelpembelajarandalammeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelaksanakanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikiataupunmemberikaninovasibarupadapenelitianyangsudahpernahdilaksanakandengansubjekyangberbeda.