Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VII E di SMP Negeri 9 Malang / Hapsari DWI Sulaksmi

Main Author: Sulaksmi, Hapsari Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52975/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelTeamsGamesTournamentkeaktifanbelajarsiswaHasilobservasiyangdilakukandikelasVIIESMPNegeri9Malangmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswamasihtergolongrendah.Diketahui70%siswaterlihatpasif.Padasaatpembelajaransiswakurangmendengarkanpenjelasanguru.Ketikagurumemberipertanyaansiswatidakmenjawabdankurangmerespon.Selainitusiswamelakukankegiatanyangbertentangandengankeaktifandalampembelajaranyaknibermainsendiridanmengganggutemanyanglain.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranTGTuntukmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Tiapsiklusdilaksanakanduakalipertemuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIEsemestergasaltahunajaran2011-2012denganjumlahsiswasebanyak40orang.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimeliputiobservasidancatatanlapangan.Instrumenyangdigunakanberupalembarobservasikeaktifansiswadanformatcatatanlapangan.Analisisdatapadalembarobservasikeaktifanterdiridari6indikatorkeaktifanantaralainvisualactivitiesoralactivitieslisteningactivitieswritingactivitiesmentalactivitiesdanemotionalactivities.Penilaiankeaktifanbelajarsiswadiukurdenganrentanganskor1-3padatiapindikatornya.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImeningkat.KeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalpadasiklusImencapai65%danpadasiklusIImencapai85%.DarihasilpenelitianinidisarankanbagiguruIPSgeografiuntukmenerapkanmodelpembelajaranTGTsebagaialternatifmodelpembelajarandalammeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelaksanakanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikiataupunmemberikaninovasibarupadapenelitianyangsudahpernahdilaksanakandengansubjekyangberbeda.