Perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem solving dan problem based learning pada mata pelajaran geografi semester gasal kelas XI di MAN 1 Jember / Suwito

Main Author: Suwito
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52966/
Daftar Isi:
  • KataKunciHasilBelajarProblemSolvingProblemBasedLearning.Gurusebagaitenagapendidikdansalahsatuunsurpenunjangkeberhasilanprosesbelajarmengajarharusmemilikiberbagaipengetahuanketerampilansertakemampuanmemilihdanmengembangkanmodelpembelajaranyangtepatsesuaidengankarakteristikmateridantujuanpembelajaran.PenelitianinidilaksanakanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolvingdanmodelpembelajaranproblembasedlearningpadamatapelajaranGeografikelasXIdiMAN1Jember.Bentukpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahquasieksperimen(eksperimensemu).Subjekpenelitianinidibagimenjadiduakelompokyaitueksperimen1daneksperimen2.Kelompokeksperimen1adalahkelompokyangmendapatkanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolvingsedangkankelompokeksperimen2adalahkelompokyangmendapatkanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranproblembasedlearning.Desainpenelitianquasieksperimeniniadalahpre-testpost-testcontrolgroupdesign.Populasidalampenelitianiniadalahsiswa/ikelasXIMAN1Jembertahunajaran2011/2012yangterdiridari3kelasyaitukelasXIIPS1XIIPS2danXIIPS3.Dalammenentukansampelpenelitimenggunakanteknikpurposivesampleyangdiambilatasdasarnilairata-rataGeografisiswayangdianggapsamaatauhomogenkemudianditentukan2kelassebagaisampelpenelitian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratanilaihasilbelajarsiswapadakelasXIIPS2adalah7975dankelasXIIPS3adalah8021.Datahasilbelajardarimasing-masingkelompoktersebutdiujihipotesismenggunakanuji-t.Dariuji-tdiperolehhasilyaituthitung(0407)ttabel(2000).Kesimpulandarianalisisuji-ttersebutmenunjukkanbahwatidakterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolvingdengansiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranproblembasedlearning.Keduamodelpembelajarantersebutyaituproblembasedlearningdanproblemsolvingdapatdijadikansebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranuntukditerapkandalamprosesbelajarmengajarolehgurudisekolah.