Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata pelajaran geografi SMA kelas X semester II untuk topik hidrosfer / Kurnia Maulidi Noviantoro
Main Author: | Noviantoro, Kurnia Maulidi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52960/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediapembelajarancdinteraktifhidrosfer.Mediapembelajaranmerupakankomponenpentingdalampendidikan.Fungsimediaadalahuntukmenyampaikanpesanmaterikepadapesertadidik.Dalampenyampaianmateripelajarandibutuhkanmediayangsesuaidengankarakterdankonteksnya.Sepertipelajarangeografiyangmengandungbanyakinformasididalamnya.Mediapembelajaranyangsedangberkembangsaatiniadalahmediaberbasiskomputer.SalahsatunyayaitumediapembelajaranCDInteraktif.PenelitianinimerupakanupayauntukmengembangkanmediapembelajaranCDinteraktifuntuktopikHidrosfer.Mediainidiharapkandapatmembantugurudalammenyampaikanmaterisertadapatmerangsangsiswauntukmengembangkankreativitasdandayapikirmerekaterhadapmateriyangdipelajari.ModelpengembanganmediapembelajaranCDinteraktifinimeliputibeberapatahapyaitu(1)analisismateriyangterdiridarikompetensidasarindikatordantujuanyangingindicapaipadatopikmateri(2)perumusantujuan(3)desainmediayangterdiridarimengumpulkandata-datatentangmateridanmembuatstoryboard(4)produksiyangterdiridarimembuatanimasigambarvideoteksdanmengintegrasikanketiganyakedalamsuatumedia(5)editing(6)prototipemedia(7)validasiprodukyangmelaluiahlimediadanahlimateri(8)ujicobaprodukmelaluisubjekcobakelompokkecilyaitu25siswakelasX-1UnggulanSMANurulJadidPaitonProbolinggodanseoranggurubidangstudygeografi(9)pengolahandata(10)revisiproduk(11)pengemasanprodukakhir.Datapenelitianbersifatkualitatifdankuantitatifyangdiperolehdariujivalidasiprodukdariahlimediadanahlimaterisertaaudiensdisekolahyangdiambildenganmetodestratifiedrandomsampling.Instrumenpengumpulandataberupalembaranvalidasidanangketyangdianalisisdenganteknikpenghitunganskor.Hasilujivalidasiahlimemutuskanbahwasecarakeseluruhanmediainilayaksebagaimediapembelajaran.Skorakhiraudiensjugamenunjukkannilai83yangberartisangatlayak.Berdasarkanhasilujivalidasitersebutdisimpulkanbahwaproduklayakdigunakansebagaimediapembelajarandisekolah.Beberapasarandarihasilpenelitianiniantaralain(1)gurudiharapkanmenggunakanmediainidalampembelajarandikelaskhususnyauntukmenjelaskanmaterihidrosfer(2)untukpenelitilanjutanprosesvalidasihendaknyadilakukanlebihdarisekaliagarprodukmultimediapembelajaranyangdihasilkandapatoptimaldanlebihmenarikbaikdarisegitampilanmaupunsubstansimaterinya.