Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata pelajaran geografi SMA kelas X semester II untuk topik hidrosfer / Kurnia Maulidi Noviantoro

Main Author: Noviantoro, Kurnia Maulidi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52960/
Daftar Isi:
  • KataKuncimediapembelajarancdinteraktifhidrosfer.Mediapembelajaranmerupakankomponenpentingdalampendidikan.Fungsimediaadalahuntukmenyampaikanpesanmaterikepadapesertadidik.Dalampenyampaianmateripelajarandibutuhkanmediayangsesuaidengankarakterdankonteksnya.Sepertipelajarangeografiyangmengandungbanyakinformasididalamnya.Mediapembelajaranyangsedangberkembangsaatiniadalahmediaberbasiskomputer.SalahsatunyayaitumediapembelajaranCDInteraktif.PenelitianinimerupakanupayauntukmengembangkanmediapembelajaranCDinteraktifuntuktopikHidrosfer.Mediainidiharapkandapatmembantugurudalammenyampaikanmaterisertadapatmerangsangsiswauntukmengembangkankreativitasdandayapikirmerekaterhadapmateriyangdipelajari.ModelpengembanganmediapembelajaranCDinteraktifinimeliputibeberapatahapyaitu(1)analisismateriyangterdiridarikompetensidasarindikatordantujuanyangingindicapaipadatopikmateri(2)perumusantujuan(3)desainmediayangterdiridarimengumpulkandata-datatentangmateridanmembuatstoryboard(4)produksiyangterdiridarimembuatanimasigambarvideoteksdanmengintegrasikanketiganyakedalamsuatumedia(5)editing(6)prototipemedia(7)validasiprodukyangmelaluiahlimediadanahlimateri(8)ujicobaprodukmelaluisubjekcobakelompokkecilyaitu25siswakelasX-1UnggulanSMANurulJadidPaitonProbolinggodanseoranggurubidangstudygeografi(9)pengolahandata(10)revisiproduk(11)pengemasanprodukakhir.Datapenelitianbersifatkualitatifdankuantitatifyangdiperolehdariujivalidasiprodukdariahlimediadanahlimaterisertaaudiensdisekolahyangdiambildenganmetodestratifiedrandomsampling.Instrumenpengumpulandataberupalembaranvalidasidanangketyangdianalisisdenganteknikpenghitunganskor.Hasilujivalidasiahlimemutuskanbahwasecarakeseluruhanmediainilayaksebagaimediapembelajaran.Skorakhiraudiensjugamenunjukkannilai83yangberartisangatlayak.Berdasarkanhasilujivalidasitersebutdisimpulkanbahwaproduklayakdigunakansebagaimediapembelajarandisekolah.Beberapasarandarihasilpenelitianiniantaralain(1)gurudiharapkanmenggunakanmediainidalampembelajarandikelaskhususnyauntukmenjelaskanmaterihidrosfer(2)untukpenelitilanjutanprosesvalidasihendaknyadilakukanlebihdarisekaliagarprodukmultimediapembelajaranyangdihasilkandapatoptimaldanlebihmenarikbaikdarisegitampilanmaupunsubstansimaterinya.