Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas X-6 semester 2 pada pokok bahasan hidrosfer di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Farid Sugianto
Main Author: | Sugianto, Farid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52951/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranTalkingStickhasilbelajar.Hasilobservasiyangdilakukanpadatanggal1dan8November2010dikelasX-6SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangdiketahuibahwabanyaksiswayangkurangterlibatsecaraaktifdalampembelajarankarenakegiatanpembelajaranmasihdidominasiolehgurusedangsiswahanyadudukmendengardanmencatat.Siswayangkurangaktifbelajar62%danyangaktifbelajardidalamkelas38%.Sedangkansiswayangaktifdalambertanya2682%berpendapat2195%danmenjawabpertanyaan3170%padasaatpembelajaranberlangsung.Selainituhasilbelajargeografisangatrendahyaknihanya14siswa3684%yangmencapaiSKMdari38siswa.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.SalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajaranTalkingStickuntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarGeografiSiswaKelasX-6SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangpadaMateriHidrosfer.Penelitianinibertujuanmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanAprilMei2011.SubjekpenelitianyaitusiswaX-6SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangdenganjumlahsiswa38orangpadamateriHidrosfer.Penelitianinidilakukandalam2siklusteknikpengumpulandatamelaluitesdanobservasi.TindakanyangdilakukanyaitumodelpembelajaranTalkingStick.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasX-6SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapersentaseaktivitassiswasebesar517%(cukup)padasiklusImeningkatmenjadi835%(sangatbaik)padasiklusIIsedangkanpeningkatanrata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusIsebesar6210kemudianmeningkatmenjadi8250%padasiklusII.Bertitiktolakdaripenelitianinibeberapasaranyangdiperkirakandapatmeningkatkanmanfaatdanpengembanganmodelpembelajaranyangakandatangadalah(1)guruperlumenerapkanmodelpembelajaranTalkingSticksebagaisalahsatumodelalternatifdalamkegiatanpembelajaran(2)perluadanyapengelolaankelasyanglebihbaikterutamadalammengatasisiswayangseringmembuatramaidangaduhsehinggapelaksanaankegiatanpembelajarandapatberjalandenganbaikdanlancar(3)guruperlumengaturpengelolaanwaktuyangtepatsehinggasemuakegiatanpembelajaranmodelTalkingStickdapatterlaksadenganbaik