Aplikasi sistem informasi geografi (SIG) untuk pemetaan daerah kemacetan lalu lintas di Kota Malang / Rizki Amalia
Main Author: | Amalia, Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52944/ |
Daftar Isi:
- KataKunciDaerahkemacetanlalulintaskemacetanlalulintaskarakteristikkemacetanlalulintas.SaatinikotaMalangtelahmenjadikotaterbesarke2diJawaTimursetelahSurabaya.Halinimemicuadanyapembangunandiberbagaisektordandiikutidenganpertumbuhanpendudukyangpesat.JumlahpendudukkotaMalangpadatahuntahun2006meningkatmencapai789.907(BPS2006).JumlahpendudukyangterusmeningkatdandenganluaslahanyangterbatastentunyamenjadipermasalahanbaruyangdihadapipemerintahkotaMalangkhususnyamasalahtransportasiyangmenimbulkankemacetanlalulintas.PermasalahankemacetanlalulintasdikotaMalangdiantaranyadapatdilihatdijl.SoekarnoHattajl.MT.Haryonojl.Simpang3Borobudurjl.Simpang3LASuciptodanjl.GatotSubroto.Tujuandaripenelitianiniadalahmengetahuikarakteristikkemacetanlalulintasmasing-masingtitikdanmengatahuititiklainyangmemilikikaraktersamadengantitiklokasipenelitianagarkemacetanlalulintastidakmenularpadatitiklaintersebut.Metodepenelitianyangdigunakandalamskripsiiniadalahsurveyyangbersifatdeskriptif.Subjekdalampenelitianiniadalahsemuajeniskendaraanyangmelintasditiapruasjalan.Jeniskendaraantersebutyaitubermotordantidakbermotor.KendaraanbermotordalamskripsiinimeliputimotormobilpribadibustrukdanMPU.Sedangkankendaraantidakbermotorberupasepedadanbecak.Setelahdiklasifikasikanberdasarkanjeniskendaraandihitungjumlahkendaraanyangmelintaspadaruasjalantersebut.SelanjutnyadipersentasejumlahkendaraanberdasarkanjenisnyamenghitungvolumekendaraandanmencarinilailevelofService(LOS)atautingkatpelayananjalan.AnalisispengembanganBagianWilayahKota(BWK)dilakukanuntukmengetahuiperbedaankarakterkemacetanlalulintasdaritiap-tiaptitikkemacetanlalulintas.Teknikpengumpulandatadilakukandengancaradokumentasidanobservasi.HasilpenelitianbahwakarakteristikkemacetanlalulintasdikotaMalangdipengaruhiolehpenggunaanlahansertakelas/fungsidarijalantersebut.Persentasejumlahkendaraanberdasarkanjeniskendaraannyadijl.SoekarnoHattaadalahmotor546%mobilpribadi442%truk01%bus003%MPU08%sepeda01%danbecak0.03%.Volumekendaraandijl.SoekarnoHattamotor4802smp/jammobilpribadi3887smp/jamtruk10smp/jambus2smp/jamMPU71smp/jamsepeda12smp/jambecak3smp/jamdanuntuknilaiLOSdijl.SoekarnoHattasebesar113.Persentasejumlahkendaraanberdasarkanjeniskendaraannyadijl.MT.Haryonoadalahmotor623%mobilpribadi354%truk01%bus003%MPU19%sepeda007%danbecak01%.Volumekendaraandijl.MT.Haryonomotor3811smp/jammobilpribadi2165smp/jamiitruk8smp/jambus2smp/jamMPU116smp/jamsepeda5smp/jambecak7smp/jamdanuntuknilaiLOSdijl.MT.Haryonoadalah16.Persentasejumlahkendaraanberdasarkanjeniskendaraannyadijl.Simpang3Borobuduradalahmotor554%mobilpribadi409%truk01%bus002%MPU33%sepeda008%danbecak009%.Volumekendaraandijl.Simpang3Borobudurmotor3025smp/jammobilpribadi2335smp/jamtruk7smp/jambus1smp/jamMPU190smp/jamsepeda5smp/jambecak5smp/jamdanuntuknilaiLOSdijl.Simpang3Borobudursebesar116.Persentasejumlahkendaraanberdasarkanjeniskendaraannyadijl.LA.Suciptoadalahmotor477%mobilpribadi468%truk03%bus006%MPU48%sepeda01%danbecak02%.Volumekendaraandijl.LA.Suciptomotor1584smp/jammobilpribadi1557smp/jamtruk10smp/jambus2smp/jamMPU161smp/jamsepeda5smp/jambecak6smp/jamdanuntuknilaiLOSdijl.LA.Suciptosebesar14.Persentasejumlahkendaraanberdasarkanjeniskendaraannyadijl.GatotSubrotoadalahmotor532%mobilpribadi421%truk07%bus02%MPU32%sepeda01%danbecak0.2%.Volumekendaraandijl.GatotSubrotomotor2342smp/jammobilpribadi1853smp/jamtruk32smp/jambus11smp/jamMPU142smp/jamsepeda6smp/jambecak9smp/jamdanuntuknilaiLOSdijl.GatotSubrotosebesar12Sedangkantitik-titikkemacetanlainyangmemilikikarakteryangsamadengantitikpengamatanadalahjl.Gajayanadanjl.Sumbersarimerupakantitikyangmemilikikarakteryangsamadenganjl.SoekarnoHattadanjl.MT.Haryonojl.RadenIntandanjl.PanjiSurosomerupakantitikkemacetanyangmemilikikarakteryangsamadenganjl.LA.Suciptodanjl.Borobudurjl.PanglimaSudirmandanjl.ZaenalZeksemerupakanjalanyangmemilikikarakteryangsamadenganjl.GatotSubroto.