Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2010/2011 pokok bahasan atmosfer / Sinta Puspitasari
Main Author: | Puspitasari, Sinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52939/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajarankooperatifmodeljigsawkeaktifanbelajarhasilbelajarMeskipuntelahlamakitamenyadaribahwabelajarmemerlukanketerlibatansiswasecaraaktifkenyataandilapanganmenunjukkankecenderunganyangberbeda.Siswabersikappasifkarenaterbiasadenganpembelajaranteachercentered.BegitupulakecenderunganyangterjadidikelasVIIBSMPNegeri1NgantruTulungagung.Kegiatanpratindakanyangdilaksanakanpadatanggal7dan14Januari2011menunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswamasihkurang.Hanyasekitar4%dari42siswayangada.Minimnyakeaktifansiswadalamkegiatanpembelajaraniniberdampakterhadaphasilbelajaryangdicapaisiswa.22dari42siswabelummencapaikriteriaketuntasanminimalyangditentukanpihaksekolah(sebesar75)denganrata-ratakelas744.BerkaitandenganhaltersebutdiperlukanpembahasanuntukmenyelesaikanpermasalahankelasVIIBSMPNegeri1Ngantru.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuimodelpembelajaranjigsawyangbagaimanayangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarIPSgeografisiswakelasVIIBSMPNegeri1Ngantru.Penelitianinitermasukkedalampenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangdilaksanakandalamduasiklus.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasitescatatanlapangandandokumentasisedangkaninstrumenyangdigunakanberupalembarobservasisoalpost-tesdanformatcatatanlapangan.Analisisdatadilakukandenganmenghitungselisihdatayangdiperolehtiapsiklusdigunakanpulaanalisisstatistikujit(T-test)agarperbedaanyangdinilaidaritiapsiklusnyadiketahuisignifikanatautidak.BerdasarkanhasilanalisisdatadapatdiketahuibahwakeaktifandanhasilbelajarIPSgeografisiswameningkatdarisiklusIkesiklusII.PadasiklusIkeaktifanbelajarsiswaberadapadatarafkeberhasilanC(cukup)dengannilai563%danrata-ratahasilbelajarsiswasebesar768.PadasiklusIIkeaktifanbelajarsiswaberadapadatarafkeberhasilanB(baik)dengannilai741%danrataratahasilbelajarsiswasebesar837.UntukkeaktifanbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImeningkat178%danuntukhasilbelajarrata-ratakelasmeningkatsebesar69.Peningkatantersebutterjadikarenapembelajarankooperatifmodeljigsawyangditerapkanpenelitiselakugurumenggunakanpowerpointberisigambar-gambaryangrelevandenganmateripembelajarankelompokyangdibentukheterogenlembardiskusiyangdibagikanjumlahnyalebihsedikitdarianggotakelompokpemberianwaktuyanglebihlamauntukkegiatanbertukarinformasisertapemberianbimbinganyanglebihpadasaatsiswamelaksanakankegiatandiskusidanpresentasi.