Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2010/2011 pokok bahasan atmosfer / Sinta Puspitasari

Main Author: Puspitasari, Sinta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52939/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankooperatifmodeljigsawkeaktifanbelajarhasilbelajarMeskipuntelahlamakitamenyadaribahwabelajarmemerlukanketerlibatansiswasecaraaktifkenyataandilapanganmenunjukkankecenderunganyangberbeda.Siswabersikappasifkarenaterbiasadenganpembelajaranteachercentered.BegitupulakecenderunganyangterjadidikelasVIIBSMPNegeri1NgantruTulungagung.Kegiatanpratindakanyangdilaksanakanpadatanggal7dan14Januari2011menunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswamasihkurang.Hanyasekitar4%dari42siswayangada.Minimnyakeaktifansiswadalamkegiatanpembelajaraniniberdampakterhadaphasilbelajaryangdicapaisiswa.22dari42siswabelummencapaikriteriaketuntasanminimalyangditentukanpihaksekolah(sebesar75)denganrata-ratakelas744.BerkaitandenganhaltersebutdiperlukanpembahasanuntukmenyelesaikanpermasalahankelasVIIBSMPNegeri1Ngantru.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuimodelpembelajaranjigsawyangbagaimanayangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarIPSgeografisiswakelasVIIBSMPNegeri1Ngantru.Penelitianinitermasukkedalampenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangdilaksanakandalamduasiklus.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasitescatatanlapangandandokumentasisedangkaninstrumenyangdigunakanberupalembarobservasisoalpost-tesdanformatcatatanlapangan.Analisisdatadilakukandenganmenghitungselisihdatayangdiperolehtiapsiklusdigunakanpulaanalisisstatistikujit(T-test)agarperbedaanyangdinilaidaritiapsiklusnyadiketahuisignifikanatautidak.BerdasarkanhasilanalisisdatadapatdiketahuibahwakeaktifandanhasilbelajarIPSgeografisiswameningkatdarisiklusIkesiklusII.PadasiklusIkeaktifanbelajarsiswaberadapadatarafkeberhasilanC(cukup)dengannilai563%danrata-ratahasilbelajarsiswasebesar768.PadasiklusIIkeaktifanbelajarsiswaberadapadatarafkeberhasilanB(baik)dengannilai741%danrataratahasilbelajarsiswasebesar837.UntukkeaktifanbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImeningkat178%danuntukhasilbelajarrata-ratakelasmeningkatsebesar69.Peningkatantersebutterjadikarenapembelajarankooperatifmodeljigsawyangditerapkanpenelitiselakugurumenggunakanpowerpointberisigambar-gambaryangrelevandenganmateripembelajarankelompokyangdibentukheterogenlembardiskusiyangdibagikanjumlahnyalebihsedikitdarianggotakelompokpemberianwaktuyanglebihlamauntukkegiatanbertukarinformasisertapemberianbimbinganyanglebihpadasaatsiswamelaksanakankegiatandiskusidanpresentasi.