Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind map) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Wakhidatus Sholikhah
Main Author: | Sholikhah, Wakhidatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52936/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimodelpembelajaranpetapikiran(mindmap)hasilbelajargeografi.BerdasarkanhasilobservasiawaldiketahuibahwahasilbelajargeografisiswakelasX-6SMAN1Kesamben100%masihdibawahKKMdengannilairata-rata5735.Mayoritassiswakurangdapatmemahamidanmengingatmateri-materigeografiterutamauntukmateriyangmengandungpemahamankonseptual.Kesulitanpemahamantersebutdisebabkanolehbanyaknyamateridanbanyaknyaistilahdalampelajarangeografi.Salahsatustrategiyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanpemahamandandayaingatsiswaterhadapmateripelajaranadalahdenganmembelajarkansiswacaramencatatyangbaik.MindmapmerupakansalahsatubentukmetodemencatatyangdikembangkanolehTonyBuzanpadatahun1970-anberdasarkanhasilpenelitiancaraotakmemprosesinformasisedangkanpenggunaanmindmapsebagaimodelpembelajarandikelastelahdikenalkanolehMelvinL.Silbermansekitartahun1996melaluibukunyayangberjudulActiveLearning101StrategiestoTeachAnySubject.Untukitudilakukanpenelitiantindakankelasdenganmenerapkanmodelpembelajaranpetapikiran(mindmap)dikelasX-6SMAN1KesambenKabupatenBlitar.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanmodelpembelajaranpetapikiran(mindmap).JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)yangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianinidilakukandalam2siklusdantiapsiklusnyaterdiridari2kalipertemuan.PenelitiandilaksanakanpadabulanAprildanMei2011.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswamulaidaripratindakansiklusIhinggasiklusII.Padapratindakannilairata-ratakelassebesar5735padasiklusInaikmenjadi64dansiklusIInaikkembalimenjadi87.PersentasehasilbelajarsiswayangmencapaiKKMjugamengalamipeningkatanyaitu35%padasiklusIdan94%padasiklusII.Berdasarkanhasiltersebutdisarankanbagigurugeografiagarmenggunakanmodelpembelajaranpetapikiran(mindmap)sebagaisalahsatualternatifpembelajarandikelasgunameningkatkanhasilbelajarsiswa.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranpetapikiran(mindmap)namundengansubjekpenelitianyangberbedagunameningkatkankemampuananalisissiswa.