Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind map) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Wakhidatus Sholikhah

Main Author: Sholikhah, Wakhidatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52936/
Daftar Isi:
  • Katakuncimodelpembelajaranpetapikiran(mindmap)hasilbelajargeografi.BerdasarkanhasilobservasiawaldiketahuibahwahasilbelajargeografisiswakelasX-6SMAN1Kesamben100%masihdibawahKKMdengannilairata-rata5735.Mayoritassiswakurangdapatmemahamidanmengingatmateri-materigeografiterutamauntukmateriyangmengandungpemahamankonseptual.Kesulitanpemahamantersebutdisebabkanolehbanyaknyamateridanbanyaknyaistilahdalampelajarangeografi.Salahsatustrategiyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanpemahamandandayaingatsiswaterhadapmateripelajaranadalahdenganmembelajarkansiswacaramencatatyangbaik.MindmapmerupakansalahsatubentukmetodemencatatyangdikembangkanolehTonyBuzanpadatahun1970-anberdasarkanhasilpenelitiancaraotakmemprosesinformasisedangkanpenggunaanmindmapsebagaimodelpembelajarandikelastelahdikenalkanolehMelvinL.Silbermansekitartahun1996melaluibukunyayangberjudulActiveLearning101StrategiestoTeachAnySubject.Untukitudilakukanpenelitiantindakankelasdenganmenerapkanmodelpembelajaranpetapikiran(mindmap)dikelasX-6SMAN1KesambenKabupatenBlitar.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanmodelpembelajaranpetapikiran(mindmap).JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)yangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianinidilakukandalam2siklusdantiapsiklusnyaterdiridari2kalipertemuan.PenelitiandilaksanakanpadabulanAprildanMei2011.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswamulaidaripratindakansiklusIhinggasiklusII.Padapratindakannilairata-ratakelassebesar5735padasiklusInaikmenjadi64dansiklusIInaikkembalimenjadi87.PersentasehasilbelajarsiswayangmencapaiKKMjugamengalamipeningkatanyaitu35%padasiklusIdan94%padasiklusII.Berdasarkanhasiltersebutdisarankanbagigurugeografiagarmenggunakanmodelpembelajaranpetapikiran(mindmap)sebagaisalahsatualternatifpembelajarandikelasgunameningkatkanhasilbelajarsiswa.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranpetapikiran(mindmap)namundengansubjekpenelitianyangberbedagunameningkatkankemampuananalisissiswa.