Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-7 SMA Negeri 8 Malang / Anis Wahyuniharti
Main Author: | Wahyuniharti, Anis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52926/ |
Daftar Isi:
- KataKunciTalkingStickHasilBelajar.PendidikanmerupakansalahsatusektorterpentingdalampembangunansetiapNegara.Agarlebihberkembangdanberkualitaslagidariduniapendidikanmakayangharusdiperbaikiataudibekaliadalahparapendidikmaupuncalonpendidiknya.Pendidikmaupuncalonpendidikharuslebihberinovasidanberimprovisasidalammenggunakanmodelpembelajaran.Gurusebagaifasilitatorharuslebihkreatifdaninovatifdalammengelolaprosespembelajarandikelasdenganmenciptakankondisikelasyangmenyenangkanagarmateriyangdisampaikandapatditerimadenganbaikolehsiswa.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadaawalbulanDesember2010prosespembelajarangeografidiSMANegeri8Malangselamainimasihmenggunakanmodelpembelajaranyangkurangbervariasi.Akibatnyanilairata-ratadariUlanganTengahSemester(UTS)ganjiltahun2010siswakelasX-7sebesar6183sedangkanKKM(kriteriaketuntasanminimum)yangditetapkanolehSMANegeri8Malangsebesar75.DarikenyataantersebutterlihatbahwasiswakelasX-7SMANegeri8Malanghasilbelajarnyamasihrendah.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas(PTK).TindakanyangdiberikanberupapenerapanmodelpembelajaranTalkingStick.Penelitianiniterdiriatasduasiklus.Tiapsiklusterdiriatasperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasX-7SMANegeri8Malangdenganjumlah38siswa.InstrumenpenelitianmeliputiinstrumenttindakanyaituRPPdanSilabuslembarobservasiformatcatatanlapangandantesakhirbelajardisetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTalkingStickdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-7SMANegeri8Malang.HasilanalisismenunjukkanpeningkatanhasilbelajaryaitupadasiklusI6815dengansiswayangtuntasbelajarsebanyak14siswadanpadasiklusIIsebesar8802dengansiswayangtuntasbelajarsebanyak35siswa.Hasilbelajartersebutmengalamipeningkatansebesar1987.Saranyangdiberikanadalah(1)BagigurubidangstudidianjurkanagardapatmenerapkanmodelpembelajaranTalkingSticksebagaialternatifdalampraktekpembelajaran.(2)Bagisiswaagarmelatihuntuklebihberanidalammengajukanpertanyaandanmenjawabpertanyaandariguru(3)BagipenelitiberikutnyadiharapkanagarmelakukanpenelitiandenganmodelpembelajaranTalkingStickyangdipadukandenganmodelpembelajaranlainsehinggalebihvariasi.