Meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran geografi dengan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) di kelas XI IPS 2 SMA Brawijaya Malang / Nofita Sari
Main Author: | Sari, Nofita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52925/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelTeamsGamesTournamentKeaktifanbelajarsiswaHasilBelajarSiswaKualitaspendidikandiIndonesiasaatinisangatmemprihatinkanterlihatdenganadanyaketertinggalandidalammutupendidikanbaikpendidikanformalmaupunpendidikannonformaldanhasilitudiperolehsetelahkitamembandingkandengannegaralain.Salahsatupenyebabrendahnyakualitaspembelajarandisekolahadalahprosespembelajarandisekolahkurangmaksimaldikarenakanmodelpembelajaranyangditerapkandisekolahtidaksesuaidengankondisisekolahkaraktersiswaataupunmateriyangdigunakan.Permasalahanitulahyangakhirnyamenyebabkankeaktifandanhasilbelajarsiswarendah.BerdasarkanobservasiawaldanwawancarayangdilakukandengangurudansiswaSMABrawijayaMalangbulanNovember2011diketahuibahwasebagianbesarprosespembelajarannyamasihdidominasiolehgurusehinggasiswacenderungpasif.Hasilobservasimenunjukkanbahwadari21siswahanya5siswayangbanyakbertanya2siwayangmenjawabpertanyaangurudan2siswayangseringberpendapat.SecaraklasikalnilaikeaktifansiswaKelasXIIPS2SMABrawijayahanya43%.TujuanPenelitianiniadalahuntukmeningkatkankeaktifansiswakelasXIIPS2SMABrawijayaMalangpadapembelajaraGeografimateriLingkunganHidupdenganmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyangterdiridaritahapperencanaapelaksanaanobservasidanRefleksi.Penelitianiniterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridaritigapertemuan.Instrumenyangdigunakanyaitulembarobservasikeaktifansiswadansoaltes.DatayangdiperolehakandibandingkandariobservasiawalSiklusIdanSiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswameningkatdarisiklusIkesiklusII.KeaktifanklasikalpadasiklusImencapai62%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi81%sedangkanketuntasanklasikalhasilbelajarsiswapadasiklusImencapai72%padasiklusIImeningkatmenjadi90%.Begitupularata-ratahasilbelajarsiswapadaSiklusI7452meningkatmenjadi8048padaSiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranTeamsGamesTournamentdapatmeningkatkankeaktifansiswakelasXIIPS2SMABrawijayaMalang.SarankepadagurugeorafidiSMABrawijayaMalangagarmenggunakanmodelpembelajaranTGTuntukmengatasipermasalahanyangberkaitandenganaktivitassertahasilbelajarsiswa.