Pengaruh penerapan model think pair share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MAN Malang 1 / Wahyu Setiyawan

Main Author: Setiyawan, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52921/
Daftar Isi:
  • iKataKuncithinkpairsharehasilbelajargeografiSalahsatuindikatoruntukmengukurkeberhasilandalamprosespembelajaranadalahhasilbelajarsiswa.Faktoryangmempengaruhihasilbelajarsiswaadalahpemilihanmodelpembelajaranyangditerapkanolehguru.Dalampenerapanmodelpembelajaransebaiknyagurumemperhatikankarakteristikmateridansiswa.PadamatapelajaranGeografikhususnyamateriantroposferdanaspekkependudukanmateriyangdipelajaribegitukompleks.Dengandemikiandalamprosespembelajaransiswaperluikutberperanaktifagarmateriyangdisajikangurumudahdipahamidanditerimasiswa.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanperanaktifsiswadalampembelajaranadalahmodelThinkPairShare.Keunggulandarimodeliniadalahmenghendakisiswauntuklebihbanyakberfikirmenjawabdansalingmembantuapabilamengalamikesulitandalamkegitanpembelajaran.DenganadanyakeunggulanyangdimilikiolehmodelThinkPairSharediharapkansiswalebihmudahdalammemahamidanmenerimamateriyangdisajikanolehgurusehinggahasilbelajarmerekaakanmeningkat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapanmodelThinkPairShareterhadaphasilbelajarGeografisiswakelasXIMANMalang1.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXIIPS3sebagaikelaseksperimenyangmendapatkanpenerapanmodelThinkpairSharedankelasXIIPS1sebagaikelaskontrolyangmendapatkanpembelajaransepertibiasanyayaitumetodeceramahtanyajawabdandiskusikelompokbesar.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascates.Teknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasangan(IndependentSamplesTest)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS14.00forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanhasilbelajargeografisiswaantarakelaseksperimendengankelaskontrol.DarihasilanalisisdatadiketahuibahwahasilbelajarGeografisiswapadakelaseksperimenlebihtinggi325daripadarata-ratahasilbelajarGeografisiswakelaskontrol.Rata-ratakelaseksperimensebesar1513sedangkanpadakelaskontrolmemilikirata-rata1188.Hasilanalisisdenganmenggunakanujitmenunjukkanbahwasignifikansisebesar0035.Dengandemikiannilaisignifikansi0035005makaHoditolaksehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelThinkPairShareberpengaruhsecarasignifikanterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXIMANMalang1.DisarankanbagiGurumatapelajaranGeografihendaknyamulaimencobamenerapkanmodelpembelajaranThinkPairSharedidalamprosespembelajarankarenamodeltersebutdapatmeningkatkanhasilbelajarGeografisiswa.Bagipenelitilainpenelitianinihanyaterbataspadamaterifenomenaantroposferdanaspekkependudukanuntukitudisarankanagardilakukanpenelitianpadamateriyanglain.