Penerapan pembelajaran kooperatif model example non-example dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS geografi pada materi hidrosfer kelas VII-A semester II (genap) di SMP Negeri 6 Sampang / Affrizal Umam
Main Author: | Umam, Affrizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52918/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikooperatifexamplenonexampledanhasilbelajarBerdasarkanhasilpengamatan(observasiawal)padatanggal12Januari2011yangdilakukanpadasiswakelasVII-AdiSMPNegeri6Sampangdiketahuibahwamediapembelajaranyangdigunakanjugatergolongmasihterbatas.Meskipunterdapatmediapembelajarannamunpadasaatpembelajaranberlangsungmediatersebutjarangdigunakan.SiswahanyamendengarkangurupadasaatmenyampaikanmaterisertahanyaterfokuspadasumberbelajartertentusepertibukupaketdanLKS.Selainitupadasaatpembelajaranberlangsungterlihathanyamenggunakanmodeldanmetodepembelajarantertentusaja.WawancarajugadilakukanpadagurumapelIPSGeografikelasVIIdansiswakelasVIIdarikegiataninidiperolehinformasibahwahasilbelajarsiswatergolongmasihrendahhaliniterbuktidari32jumlahsiswakelasVII-ASMPNegeri6SampangdengannilaiSKM65hanya5siswayangnilainyadiatasSKMdenganrata-ratahasilbelajar464dansiswakesulitandalammemahamikonseppadageografifisikkhususnyamateriHidrosfer.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(ClasroomActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklussetiapsiklusterdiriatasduakalipertemuan(1xpertemuan80menit).LokasipenelitiantindakankelasiniialahdiSMPNegeri6Sampang.Sedangkanwaktupenelitiandilaksanakanpadasemestergenaptahunajaran2010/2011.SubjekpenelitianiniadalahkelasVII-Adenganjumlah32siswaterdiridari18siswalaki-lakidan14siswaperempuan.Padapenelitianinidatayangdiperolehberupahasilbelajarsiswa.Hasilbelajarsiswadiukurberdasarkanperbandingannilaisebelumdilakukantindakandengannilaisetelahdilakukantindakan.Instrumenyangdigunakanyaitupedomanwawancarapedomanobservasitesobjektifdanformatcatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswadaripratindakankesiklusIyaknidarirata-ratahasilbelajar464denganpersentaseketuntasanbelajar156%menjadi628denganpersentaseketuntasanbelajar531%.Meskipunterjadipeningkatanhasilbelajarakantetapihalinibelumdikatakanberhasildalamketercapaianindikatorkeberhasilanpembelajaran.SebabhasilbelajaryangdiperolehpadasiklusIbelummencapai65(SKM)diSMPNegeri6Sampang.MakauntukmencapaiindikatorkeberhasilanpembelajarandiperlukantindakanpadasiklusII.PadasiklusIIterjadipeningkatanrata-ratahasilbelajardari608menjadi711denganpersentaseketuntasanbelajar875%.BerdasarkanperolehanhasilbelajarsiswapadasiklusIIdapatdisimpulkanbahwaindikatorkeberhasilanpembelajaransudahtercapaiyaituperolehanrata-ratahasilbelajarsiswakelasVII-ASMPNegeri6SampangtelahmencapaiSKMyaitu65denganpersentaseketuntasanbelajarklasikalmencapai85%darijumlahsiswadankriteriaperolehanhasilbelajarbaikyaitupadarentanganskor75-84.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwadenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelexamplenonexamplepadamaterihidrosferkelasVII-AdiSMPNegeri6Sampangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.