Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model problem based lerning untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan tingkat tinggi pada materi lingkungan hidup siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Malang / Dhimas Ridhatama

Main Author: Ridhatama, Dhimas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52911/
Daftar Isi:
  • KatakunciProblemBasedLearningkemampuanbertanyadanmenjawabpertanyaantingkattinggi.UpayapeningkatankualitassumberdayamanusiaIndonesiasalahsatunyadilakukanmelaluipeningkatankualitaspendidikan.Demitercapainyapeningkatankualitaspendidikantersebutsalahsatuupayapemerintahadalahmenetapkanstandarketuntasanminimalyangharusdicapaidalampembelajaran.BerdasarkanpengamatanyangdilakukanpadasiswakelasXIIPS1SMANegeri6Malangpadatanggal12Februari2011diketahuipadasaatdiskusikelasberlangsungterlihathanyaada40%(16dari40siswa)yangterlibatsecaraaktifmendominasikegiatandiskusidenganbertanyadanmenjawabpertanyaanyaitusiswamendapatkanskorA(3siswa)danB(13siswa)padanilaikeaktifanmereka.Sedangkan60%(24dari40siswa)lainhanyapasiftidakberaniberargumendanmenyetujuipendapatataujawabandarisiswayangdianggaplebihpintarmendapatkanskorCdanD.Selainitupertanyaanyangmunculdariparasiswamayoritashanyapertanyaanpadatingkatpengetahuanpemahamandanpenerapansaja.kebanyakanyangditanyakanadalahsebutkanjelaskan.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanbertanyadanmenjawabpertanyaantingkattinggisiswamelaluipenerapanpembelajarankontekstualdenganmodelProblemBasedLearning.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari3kalipertemuan.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS-1SMANegeri6MalangpadabulanMaretsampaiApril2011dandatayangdiperolehdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.HasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahkemampuanbertanyadanmenjawabpertanyaantingkattinggiyangdimilikisiswamengalamipeningkatandaripratindakankesiklusIkemudiansiklusIkesiklusII.BesarnyapeningkatandaripratindakankesiklusIadalah20%yaitupadasaatpratindakansiswayangmendapatkanskor75ada8siswa(20%dari40siswa)danpadasiklusImenjadi16siswa(40%dari40siswa).BesarnyapeningkatanpadasiklusIkesiklusIIadalah45%yaitu40%padasiklusImenjadi85%padasiklusII.Peningkatanhasilbelajarsiswadapatdiketahuijugaberdasarkannilairata-ratasiswadaritesyangdilakukandisetiapakhirsiklussebesar8287%padasiklusImenjadi8880%padasiklusII.Dariperolehantersebutdapatdiketahuipeningkatanhasilbelajarsiswaselamapelaksanaantindakansebesar715%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatankemampuanbertanyadanmenjawabpertanyaantingkattinggisertahasilbelajarGeografisetelahditerapkanpembelajarankontekstualdenganmodelProblemBasedLearning.DisarankankepadaparaguruGeografiuntukmencobamenerapkanmodelProblemBasedLearningagarkualitaspembelajaranGeografisemakinmeningkat.KepadapenelitilanjutuntukmemperhatikanalokasiwaktuagaryangtelahdirencanakandalamRPPbisaterlaksanadenganbaik.