Penerapan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi pada materi litosfer dan pedosfer siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Blitar / Deni Kristanti
Main Author: | Kristanti, Deni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52901/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanobservasidanwawancaradiketahuibahwakeaktifandanhasilbelajarsiswakelasX-3SMANegeri2Blitarmasihrendah.Siswayangaktifdalambertanyasebanyak5siswa(1515%)berpendapatsebanyak4siswa(1212%)danmenjawabpertanyaansebanyak4siswa(1212%)sedangkanuntukhasilbelajarsiswayangtidakmencapaiKKM6364%.HalinidiperkuatdenganpernyataansiswabahwabidangstudiGeografisangatmembosankankarenaterlalubanyakkonsepyangharusdihafalkanolehsiswasiswajugabanyakyangkurangmemahamitentangkegunaanmanfaatdanpenerapanilmugeografidalamkehidupansehari-hari.BerdasarkanpermasalahantersebutmakadalampenelitianditerapkanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)merupakansalahsatumodelpembelajaranyangdapatmelatihsiswauntukbekerjasamadanmemungkinkanmerekalebihaktifdalampembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranSTAD.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestertulis.PenelitiandilaksanakandikelasX-3SMANegeri2Blitardenganjumlahsiswa33orangpadamateripokokLitosferdanPedosfer.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswamengalamipeningkatan.Halinidapatdilihatbahwarata-ratakeaktifanbelajarsiswasiklusImencapai7652%meningkatmenjadi8214%padasiklusII.KeaktifanbelajarinindapatmenunjangmeningkatnyahasilbelajarsiswayaknipadasiklusIrata-ratahasilbelajar7967meningkatmenjadi8306padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Dengandemikiandisarankan(1)Bagisekolahhendaknyapihaksekolahmemfasilitasidanmendukungguruuntukmelakukanpenelitiantindakankelasagarmasalahpembelajarandapatdiatasi(2)BagiGuruGeografihendaknyamenerapkanpembelajaranmodelSTADminimal1bulansekaliuntukmengatasikebosanansiswa(3)BagipenelitiselanjutnyahendaknyamenerapkanmodelpembelajaranSTADmenggunakanmateriselainlitosferdanpedosferddenganmemberikanbeberapainovasipadatahap-tahappembelajarannya.