Penerapan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi pada materi litosfer dan pedosfer siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Blitar / Deni Kristanti

Main Author: Kristanti, Deni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52901/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanobservasidanwawancaradiketahuibahwakeaktifandanhasilbelajarsiswakelasX-3SMANegeri2Blitarmasihrendah.Siswayangaktifdalambertanyasebanyak5siswa(1515%)berpendapatsebanyak4siswa(1212%)danmenjawabpertanyaansebanyak4siswa(1212%)sedangkanuntukhasilbelajarsiswayangtidakmencapaiKKM6364%.HalinidiperkuatdenganpernyataansiswabahwabidangstudiGeografisangatmembosankankarenaterlalubanyakkonsepyangharusdihafalkanolehsiswasiswajugabanyakyangkurangmemahamitentangkegunaanmanfaatdanpenerapanilmugeografidalamkehidupansehari-hari.BerdasarkanpermasalahantersebutmakadalampenelitianditerapkanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)merupakansalahsatumodelpembelajaranyangdapatmelatihsiswauntukbekerjasamadanmemungkinkanmerekalebihaktifdalampembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranSTAD.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestertulis.PenelitiandilaksanakandikelasX-3SMANegeri2Blitardenganjumlahsiswa33orangpadamateripokokLitosferdanPedosfer.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswamengalamipeningkatan.Halinidapatdilihatbahwarata-ratakeaktifanbelajarsiswasiklusImencapai7652%meningkatmenjadi8214%padasiklusII.KeaktifanbelajarinindapatmenunjangmeningkatnyahasilbelajarsiswayaknipadasiklusIrata-ratahasilbelajar7967meningkatmenjadi8306padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Dengandemikiandisarankan(1)Bagisekolahhendaknyapihaksekolahmemfasilitasidanmendukungguruuntukmelakukanpenelitiantindakankelasagarmasalahpembelajarandapatdiatasi(2)BagiGuruGeografihendaknyamenerapkanpembelajaranmodelSTADminimal1bulansekaliuntukmengatasikebosanansiswa(3)BagipenelitiselanjutnyahendaknyamenerapkanmodelpembelajaranSTADmenggunakanmateriselainlitosferdanpedosferddenganmemberikanbeberapainovasipadatahap-tahappembelajarannya.