Penerapan pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS geografi pada kompetensi dasar mendiskripsikan kondisi geografis dan penduduk siswa kelas VII B SMP Lab. UM / Binti Maslukanah

Main Author: Maslukanah, Binti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52900/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranKooperatifmodelMakeAMatchhasilbelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIBSMPLABUMketuntasanhasilbelajarIPSGeografihanyamencapai42%dan44%sehinggabelummemenuhistandarketuntasanminimum65%.Hasilpengamatanpendahuluanmenunjukkanbahwapembelajarandikelasbelummelibatkansiswasiswacenderungmelakukanaktivitasdiluarkegiatanpembelajarandansiswakurangtelitisertacermatketikamengerjakantugassecarakelompok.Penelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanPebruari-Maret2011.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIIByangberjumlah36siswa.Penelitianinidilakukandalam2siklus.Pengumpulandatamelaluiobservasiwawancaracatatanlapangantesdanangketsertadokumentasi.TindakanyangdilakukanyaitupembelajarankooperatifmodelMakeAMatchdenganvariasipadasintaksnya.Hasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.Rata-ratakelashasilbelajarranahkognitifsebelumtindakanadalah65padasiklusImeningkatmenjadi70danpadasiklusIImeningkatmenjadi76.Ketuntasanklasikalhasilbelajarsiswaranahkognitifjugamengalamipeningkatanpadaprosespembelajaranpratindakan42%siklusI64%dansiklusII89%.Untukpeningkatanskorrata-ratakelashasilbelajarranahafektifadalah28padapratindakanmeningkat30padasiklusIdan32padasiklusII.Ketuntasanklasikalhasilbelajarsiswaranahafektifjugamengalamipeningkatanpadaprosespembelajaranpratindakan44%siklusI69%dansiklusII94%.DisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatanhasilbelajarIPSGeografisetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelMakeAMatchyangpadatahappelaksanaannyamenggunakankartusoalbergambaryangsesuaikondisinyatadilingkungankehidupanmasyarakatdiskusikelompokdanpresentasikelas.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmakasaranyangdapatdiberikandiantaranya(1)Bagisekolahmenganjurkanguru-guruuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelMakeAMatchketikaditemukanpermasalahanhasilbelajarsiswayangrendah(2)BagigurugeografimenyelipkanataumenggantimodelpembelajarandalamRPPyangtelahdiberikansekolahsesuaidengankurikulumKTSP.(3)Bagipenelitilanjutmengubahataumenambahkantahapankegiatanpembelajaran(sintaks)sesuaidengankondisikelasdankarakterisktiksiswa.