Penerapan pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS geografi pada kompetensi dasar mendiskripsikan kondisi geografis dan penduduk siswa kelas VII B SMP Lab. UM / Binti Maslukanah
Main Author: | Maslukanah, Binti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52900/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranKooperatifmodelMakeAMatchhasilbelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIBSMPLABUMketuntasanhasilbelajarIPSGeografihanyamencapai42%dan44%sehinggabelummemenuhistandarketuntasanminimum65%.Hasilpengamatanpendahuluanmenunjukkanbahwapembelajarandikelasbelummelibatkansiswasiswacenderungmelakukanaktivitasdiluarkegiatanpembelajarandansiswakurangtelitisertacermatketikamengerjakantugassecarakelompok.Penelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanPebruari-Maret2011.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIIByangberjumlah36siswa.Penelitianinidilakukandalam2siklus.Pengumpulandatamelaluiobservasiwawancaracatatanlapangantesdanangketsertadokumentasi.TindakanyangdilakukanyaitupembelajarankooperatifmodelMakeAMatchdenganvariasipadasintaksnya.Hasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.Rata-ratakelashasilbelajarranahkognitifsebelumtindakanadalah65padasiklusImeningkatmenjadi70danpadasiklusIImeningkatmenjadi76.Ketuntasanklasikalhasilbelajarsiswaranahkognitifjugamengalamipeningkatanpadaprosespembelajaranpratindakan42%siklusI64%dansiklusII89%.Untukpeningkatanskorrata-ratakelashasilbelajarranahafektifadalah28padapratindakanmeningkat30padasiklusIdan32padasiklusII.Ketuntasanklasikalhasilbelajarsiswaranahafektifjugamengalamipeningkatanpadaprosespembelajaranpratindakan44%siklusI69%dansiklusII94%.DisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatanhasilbelajarIPSGeografisetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelMakeAMatchyangpadatahappelaksanaannyamenggunakankartusoalbergambaryangsesuaikondisinyatadilingkungankehidupanmasyarakatdiskusikelompokdanpresentasikelas.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmakasaranyangdapatdiberikandiantaranya(1)Bagisekolahmenganjurkanguru-guruuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelMakeAMatchketikaditemukanpermasalahanhasilbelajarsiswayangrendah(2)BagigurugeografimenyelipkanataumenggantimodelpembelajarandalamRPPyangtelahdiberikansekolahsesuaidengankurikulumKTSP.(3)Bagipenelitilanjutmengubahataumenambahkantahapankegiatanpembelajaran(sintaks)sesuaidengankondisikelasdankarakterisktiksiswa.