Penerapan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS-1 SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi / Yuli Rohmah Fitriani

Main Author: Fitriani, Yuli Rohmah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52897/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)hasilbelajar.ObservasiawaldiketahuibahwametodepembelajaranGeografiyangdilakukandiSMAMuhammadiyah2GentengBanyuwangiadalahceramah.Metodeyangdigunakaninimasihkurangmelibatkansiswadalamprosespembelajaransehinggasiswacenderunghanyamenerimaapayangdiberikanolehgurusehinggahasilbelajarsiswayangkurangmaksimal.HalituterlihatdarihasilbelajarsiswadenganpersentasesiswayanglulusSKMdanyangtidaklulussangatmencolokkhususnyadikelasXIIPS-1yangberjumlah46siswayaknisekitar85%siswayangberadadibawahSKMdanhanya15%siswayanglulusSKM.HasilbelajarsiswatersebutperludiperbaikidenganmenerapkanmodelpembelajaranSTADkarenamodelinimengajaksiswauntuklebihaktifdalammembangunpengembanganpengetahuansiswasehinggadengandiskusiyangmembangunpengembanganpengetahuansiswadiharapkanpengetahuansiswaakanbertambahdanhasilbelajarsiswajugameningkat.Penelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanFebruari2011.SubjekpenelitianyaitusiswakelasXIIPS-1yangberjumlah46siswa.Penelitianinidilakukandalam2siklus.TindakanyangdilakukanyaitupembelajarankooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidaripratindakankesiklus1dansiklus1kesiklus2.Rata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakansebesar558padasiklus1meningkatmenjadi751danpadasiklus2meningkatmenjadi834.Ketuntasanbelajarjugamengalamipeningkatanpadaprosespembelajaranpratindakansebesar15%siklus1sebesar65%danpadasiklus2menjadi93%.Berdasarkanhasiltersebutdisarankan(1)BagigurubidangstudiGeografiagarmenjadikanmodelSTADsebagaisalahsatualternatifpenerapanmodelpembelajaranGeografidikelas.(2)BagisiswadengandilaksakannyamodelSTADdapatmeningkatkanperanaktifsiswaselamaprosespembelajarandanmeningkatkankemampuansiswadalammengemukakanpendapatsaatdiskusiberlangsungsertamelatihsiswauntukbekerjasama.(3)Bagisekolahdisarankanuntukmeningkatkankualitaspembelajarangeografidenganmenerapkanmetodepembelajaranyanglebihtepat.(4)BagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajarankooperatifmodelSTAD.