Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Nur Ahlakul Nurvensia

Main Author: Nurvensia, Nur Ahlakul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52894/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogether(NHT)hasilbelajar.Pembelajaranadalahprosesinteraksipesertadidikdenganpendidikdansumberbelajarpadasuatulingkunganbelajar.DalakegiatanpembelajaranGeografiharusmemperhatikantingkatperkembanganintelektualdanperkembanganmentalsiswaolehkarenaituharusdisesuaikanbahanajarapayanghendakdibelajarkansertabagaimanacaramembelajarkannya.PembelajaranGeografiyangdilakukandiSMANegeri1KesambenmemilikiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)lebihbesaratausamadengan75.BerdasarkanhasilwawancaradenganguruGeografidanobservasidiketahuibahwadayaserapklasikalmatapelajaranGeografidikelasXIIPS-3belummencapaikriteriaketuntasanminimum(KKM).Darikriteriaketuntasanminimum(KKM)yangtelahditetapkantidakadasiswayangmemperolehnilailebihbesaratausamadengan75padaulanganharianpertama.40siswamendapatkannilaikurangdari75.DengandemikiantidakadasiswaXIIPS-3yangtuntas.Rata-ratanilaiyangdiperolehsiswakelasXIIPS-3adalah47425.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogether(NHT).Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuanpadabulanJanuari2011.Hasilyangdiperolehdaripenelitianiniadalahadanyapeningkatanhasilbelajarsiswakelasyaitusebesar525%padasiklusIdansebesar875%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatanhasilbelajarGeografisetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogether(NHT).DisarankankepadaparaguruGeografiuntukmencobamenerapkanmodelNumberedHeadTogether(NHT)dalampembelajarankhususnyaGeografiagarkualitaspembelajaranGeografisemakinmeningkat.Kepadapihaksekolahdisarankanagarmemberikanfasilitasyangmenunjangkeberhasilanpenerapanmodelpembelajarantersebutdisekolah.