Penggunaan metode problem solving yang kontekstual untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada kajian pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas XI-IPS SMA Widyagama Malang / Tri Agustin

Main Author: Agustin, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52893/
Daftar Isi:
  • KatakunciproblemsolvingkemampuanmemecahkanmasalahBerdasarkanobservasiawalyangdilakukandikelasXI-IPSSMAWidyagamaMalangpadatanggal23dan30Oktober2010diketahuibahwadalamkegiatanpembelajarangurutelahmenggunakanbeberapametodepembelajarantetapisiswamasihkurangaktif.Darikegiatanwawancaradengansiswamenunjukkanbahwadalampembelajarangeografiselamainisiswahanyamenghafalkonsepdankurangmampuuntukmenggunakankonseptersebutjikamenemuimasalahdalamkehidupannyatamakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahsiswa.Salahsatunyadenganpenggunaanmetodeproblemsolving.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClasroomActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklustindakan.Setiapsiklusterdiriatasduakalipertemuanselama2jampelajaran.SubyekpenelitianyangdigunakandalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasXI-IPSsemestergenaptahunajaran2010-2011SMAWidyagamaMalangdenganjumlah36siswaterdiridari17siswalaki-lakidan19siswaperempuan.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupakemampuanmemecahkanmasalahsiswa.Kemampuanmemecahkanmasalahsiswadiukurberdasarkanpengamatanselamaprosespembelajaranberlangsung.Instrumenyangdigunakanyaitulembarobservasidancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasXI-IPSSMAWidyagamaMalangpadasiklusIdanpadasiklusII.Aktivitassiswayangmenunjukkanindikatorkemampuanmemecahkanmasalahsemakinmeningkatsetelahdibentukduakelompokdengantopikyangsamakelompokpertamasebagaipenyajidankelompokkeduasebagaipembanding.Siswadapatsalingbertukarpendapatuntukpemilihansolusiyangtepatdalamdiskusikelas.Dapatdikatakanbahwakemampuansiswadalammemecahkanmasalahtermasukdalamkategoribaik.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehbahwapenggunaanmetodeproblemsolvingyangkontekstualdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasXI-IPSkhususnyapadakajianpemanfaatandanpelestarianlingkunganhidupdiSMAWidyagamaMalang.Disarankanpadagurugeografiuntukmenggunakanmetodeproblemsolvingpadamaterilaindenganmemunculkanpermasalahankontekstualyangdapatdiungkapdandidiskusikansebagaisalahsatualternatifpembelajaranuntukmeningkatkankemampuansiswadalammemecahkanmasalah.