Penggunaan metode problem solving yang kontekstual untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada kajian pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas XI-IPS SMA Widyagama Malang / Tri Agustin
Main Author: | Agustin, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52893/ |
Daftar Isi:
- KatakunciproblemsolvingkemampuanmemecahkanmasalahBerdasarkanobservasiawalyangdilakukandikelasXI-IPSSMAWidyagamaMalangpadatanggal23dan30Oktober2010diketahuibahwadalamkegiatanpembelajarangurutelahmenggunakanbeberapametodepembelajarantetapisiswamasihkurangaktif.Darikegiatanwawancaradengansiswamenunjukkanbahwadalampembelajarangeografiselamainisiswahanyamenghafalkonsepdankurangmampuuntukmenggunakankonseptersebutjikamenemuimasalahdalamkehidupannyatamakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahsiswa.Salahsatunyadenganpenggunaanmetodeproblemsolving.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClasroomActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklustindakan.Setiapsiklusterdiriatasduakalipertemuanselama2jampelajaran.SubyekpenelitianyangdigunakandalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasXI-IPSsemestergenaptahunajaran2010-2011SMAWidyagamaMalangdenganjumlah36siswaterdiridari17siswalaki-lakidan19siswaperempuan.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupakemampuanmemecahkanmasalahsiswa.Kemampuanmemecahkanmasalahsiswadiukurberdasarkanpengamatanselamaprosespembelajaranberlangsung.Instrumenyangdigunakanyaitulembarobservasidancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasXI-IPSSMAWidyagamaMalangpadasiklusIdanpadasiklusII.Aktivitassiswayangmenunjukkanindikatorkemampuanmemecahkanmasalahsemakinmeningkatsetelahdibentukduakelompokdengantopikyangsamakelompokpertamasebagaipenyajidankelompokkeduasebagaipembanding.Siswadapatsalingbertukarpendapatuntukpemilihansolusiyangtepatdalamdiskusikelas.Dapatdikatakanbahwakemampuansiswadalammemecahkanmasalahtermasukdalamkategoribaik.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehbahwapenggunaanmetodeproblemsolvingyangkontekstualdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasXI-IPSkhususnyapadakajianpemanfaatandanpelestarianlingkunganhidupdiSMAWidyagamaMalang.Disarankanpadagurugeografiuntukmenggunakanmetodeproblemsolvingpadamaterilaindenganmemunculkanpermasalahankontekstualyangdapatdiungkapdandidiskusikansebagaisalahsatualternatifpembelajaranuntukmeningkatkankemampuansiswadalammemecahkanmasalah.