Penerapan model pembelajaran kooperatif make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Diwek Jombang / Ayu Rahmaningtias

Main Author: Rahmaningtias, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52888/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajarankooperatifModelMakeAMatchHasilbelajarBerdasarkanhasilobservasidikelasVIII-ASMPNegeri2DiwekJombangdiketahuibahwanilaisiswauntukmatapelajaranIPSmasihbanyakyangberadadibawahstandarketuntasanbelajarminimal(SKBM).StandarketuntasanbelajarminimaluntukmatapelajaranIPSadalah68.Sejumlah23siswamendapatnilaidibawahSKBMpadaulanganharianStandarKompetensiMemahamiPermasalahanSosialBerkaitandenganPertumbuhanJumlahPenduduk.Ketuntasanbelajarsecaraklasikaljugabelumterpenuhikarenahanya41%siswadalamkelasyangtuntasdari80%yangdisyaratkan.Darihasilobservasijugadiketahuibahwasebagianbesarkegiatanpembelajaranmasihdidominasiolehgurusedangkansiswahanyadudukmendengarkanmencatatbahkanadasebagiansiswayangdiamdengankeadaanmengantuk.UntukmengatasipermasalahantersebutmakadilakukanpenelitiandenganpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadalammatapelajaranIPS.RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanapembelajarankooperatifmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswaKelasVIII-ASMPNegeri2DiwekJombangsemestergenaptahunajaran2010/2011.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyangterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridari2pertemuan.Masing-masingsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandikelasVIII-ASMPNegeri2DiwekJombangdenganjumlahsiswa39orangpadaStandarKompetensiMemahamipranatadanpenyimpangansosial.HasilbelajarsiswadiperolehdariskorpratindakansetelahSiklus1dansetelahsiklus2sertaketuntasanbelajarklasikalpadamasing-masingsiklus.Datainikemudiandianalisisdenganteknikanalisisdeskriptifkuantitatif.Instrumenyangdigunakanyaitusoaltesdanformatcatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatanhasilbelajarIPSsiswakelasVIII-ASMPNegeri2DiwekJombang.Rata-ratanilaisebelumtindakanadalah669mengalamipeningkatanpadaSiklus1menjadi732danmeningkatlagipadaSiklus2menjadi837.Ketuntasanbelajarklasikalsebelumtindakanadalahsebesar410%meningkatpadaSiklus1menjadi615%danmeningkatlagipadaSiklus2menjadi897%.Modelmakeamatchyangefektifmeningkatkanhasilbelajaradalahmodelpadasiklus2.