Analisis teks buku sekolah elektronik (BSE) geografi kelas XII SMA/MA pada kompetensi dasar menjelaskan pemanfaatan citra pengideraan jauh / Vina Wahyu Rusyana
Main Author: | Rusyana, Vina Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52884/ |
Daftar Isi:
- KatakunciAnalisisTeksBSEPenginderaanJauh.Bukuteksmerupakansalahsatubahanajaryangpentingdalamkegiatanpembelajaranterlebihlagibagiguruyangtidakmampuatautidaksiapmembuatbahanajarsendiriberdasarkanstandarkompetensidalamkurikulumyangberlaku.Bukuteksjugaperlumengalamipengembanganbaikdarisegikurikulerisimaupunbahasayangdigunakanbaikberupaanalisisbahanajarmaupunvalidasibahanajar.BerdasarkanlatarbelakangtersebutmakaperludilakukananalisisuntukmengetahuitingkatkesesuaianisidengankurikulumtingkatkebenarankonseptingkatkebenaranbahasadanfungsimediayangterdapatdalambukuajarBSEGeografiKelasXIISMA/MA.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifbertujuanuntukmemberikangambarankeadaansebenarnyadariobjekpenelitian.Rancanganpenelitianmenggunakanteknikanalisisisi(contentanalysis)untukmendiskripsikandanmenyimpulkansebuahbukuataudokumensecaraobjektifsistematisdankomunikatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuaBukuSekolahElektronikIPSGeografiKelasXIISMA/MAyangtelahberedar.PenentuansampeldengancaramempertimbangkanbukuajaryangbanyakdipakaidiSMANegeridiKotaMalangyaituBSEdenganpengarangEniAnjayanidanTriHaryanto.Pengambilandatadilakukandenganmenggunakaninstrumenpenilaianbukuuntuktiapindikator.Hasilyangtelahdidapatkankemudiandianalisisdenganmenggunakanrubrikpenilaianbukuajar.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasebagianmateridalamBSEtidaksesuaidenganindikatorkebenarankonsep(konsepterdefinisidankonsepkonkrit)masihrendahkebenaranbahasadalambukuajarBSEGeografijugatergolongrendah(ditinjaudarisegipenggunaantandabacakosakatakalimatdanparagraf)danmediayangdigunakandalambukuajarsudahcukupbagusdancukupinovatif.Terdapatbeberapatemuantambahanyaitumasihadamateriyangpenjelasannyakuranglengkapdanpenyajianmateriyangtidakruntut.BerdasarkanstandarisasidariBSNPhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwabukuajarBSEGeografimasihmemilikibanyakkesalahanditinjaudarisegikesesuaianisidengankerikulumkebenarankonsepkebenaranbahasadanfungsimedia.Darihasilkesimpulandisarankanapabilamenggunakanbukuteksyangsudahadahendaknyaditelaahterlebihdahuluagarkesalahanyangadadalambukuajartersebuttidakdisajikandalampembelajaran.Lebihbaiklagiapabiladalammengajarseoranggurumampumembuatbahanajarsendirisesuaidenganketentuanilmiahyangada.