Analisis teks buku sekolah elektronik (BSE) geografi kelas XII SMA/MA pada kompetensi dasar menjelaskan pemanfaatan citra pengideraan jauh / Vina Wahyu Rusyana

Main Author: Rusyana, Vina Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52884/
Daftar Isi:
  • KatakunciAnalisisTeksBSEPenginderaanJauh.Bukuteksmerupakansalahsatubahanajaryangpentingdalamkegiatanpembelajaranterlebihlagibagiguruyangtidakmampuatautidaksiapmembuatbahanajarsendiriberdasarkanstandarkompetensidalamkurikulumyangberlaku.Bukuteksjugaperlumengalamipengembanganbaikdarisegikurikulerisimaupunbahasayangdigunakanbaikberupaanalisisbahanajarmaupunvalidasibahanajar.BerdasarkanlatarbelakangtersebutmakaperludilakukananalisisuntukmengetahuitingkatkesesuaianisidengankurikulumtingkatkebenarankonseptingkatkebenaranbahasadanfungsimediayangterdapatdalambukuajarBSEGeografiKelasXIISMA/MA.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifbertujuanuntukmemberikangambarankeadaansebenarnyadariobjekpenelitian.Rancanganpenelitianmenggunakanteknikanalisisisi(contentanalysis)untukmendiskripsikandanmenyimpulkansebuahbukuataudokumensecaraobjektifsistematisdankomunikatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuaBukuSekolahElektronikIPSGeografiKelasXIISMA/MAyangtelahberedar.PenentuansampeldengancaramempertimbangkanbukuajaryangbanyakdipakaidiSMANegeridiKotaMalangyaituBSEdenganpengarangEniAnjayanidanTriHaryanto.Pengambilandatadilakukandenganmenggunakaninstrumenpenilaianbukuuntuktiapindikator.Hasilyangtelahdidapatkankemudiandianalisisdenganmenggunakanrubrikpenilaianbukuajar.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasebagianmateridalamBSEtidaksesuaidenganindikatorkebenarankonsep(konsepterdefinisidankonsepkonkrit)masihrendahkebenaranbahasadalambukuajarBSEGeografijugatergolongrendah(ditinjaudarisegipenggunaantandabacakosakatakalimatdanparagraf)danmediayangdigunakandalambukuajarsudahcukupbagusdancukupinovatif.Terdapatbeberapatemuantambahanyaitumasihadamateriyangpenjelasannyakuranglengkapdanpenyajianmateriyangtidakruntut.BerdasarkanstandarisasidariBSNPhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwabukuajarBSEGeografimasihmemilikibanyakkesalahanditinjaudarisegikesesuaianisidengankerikulumkebenarankonsepkebenaranbahasadanfungsimedia.Darihasilkesimpulandisarankanapabilamenggunakanbukuteksyangsudahadahendaknyaditelaahterlebihdahuluagarkesalahanyangadadalambukuajartersebuttidakdisajikandalampembelajaran.Lebihbaiklagiapabiladalammengajarseoranggurumampumembuatbahanajarsendirisesuaidenganketentuanilmiahyangada.