Implementasi model pembelajaran make a match untuk meninhkatkan keaktifan belajar IPS geografi materi atmosfer pada siswa kelas VII C di MTs Negeri Jetis Ponorogo semester genap tahun ajaran 2010/2011 / Ata Najdatul Luthfiana

Main Author: Luthfiana, Ata Najdatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52883/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajaranMakeAMatchkeaktifanbelajarBerdasarkanobservasiselamaprosespembelajarandikelasberlangsungpadatanggal27dan29Januari2011diperolehkesimpulanbahwakeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalberadadalamkategoricukupdenganperolehanpersentase5091%saja.Keberhasilantindakansiswasecaraindividudari34siswaseluruhnyaberadadalamkategoricukup.Penyebabsiswakurangaktifselamaprosespembelajarandikarenakanmodelpembelajaranyangdipergunakantidakbervariasimasihberupametodetradisonalyaituceramahyangberujungpadasiswaakanmudahmengalamikebosanantidakbersemangatyangakhirnyaakanmelakukankegiatanlaindiluarkegiatanpembelajaranyangsedangberlangsung.KeaktifansiswadidalamkelasyangminiminiberdampakterhadaphasilbelajaryangdicapaisiswakelasVIICyaitusebanyak83%siswabelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yangadadiMTsNegeriJetisyaitu70.TujuandaripenelitianiniadalahmeningkatkankeaktifanbelajarsiswadenganimplementasimodelpembelajaranMakeAMatch.PenelitianinidilaksanakandiMTsNegeriJetispadabulanFebruari2011dengansubjeksiswakelasVIICyangberjumlah34siswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatakeaktifanbelajarsiswamenggunakanlembarobservasikeaktifanbelajarsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswameningkatdarisiklusIkesiklusII.PadasiklusIkeaktifanbelajarsiswatelahberadadalamtarafkeberhasilanbaikyaitu6921%sedangkankeaktifansiswasecaraindividusebanyak31siswasudahberadadalamkategoribaik.PadasiklusIIterjadipeningkatankeaktifanbelajarsiswasebesar1532%yaknidari6921%menjadi7986%dengankeaktifansiswasecaraindividusebanyak17siswaberadadalamkategoribaikdansisanya17siswaberadadalamkategorisangatbaik.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranMakeAMatchdapatmeningkatkankeaktifanbelajarIPSgeografimateriatmosferpadasiswakelasVIICdiMTsNegeriJetisPonorogosehinggadisarankankepadaparagurugeografiuntukmencobamenerapkanmodelpembelajaranMakeAMatchagarkualitaspembelajarangeografisemakinmeningkat.Kepadapihaksekolahdisarankanagarmemberikanfasilitasyangmenunjangkeberhasilanpenerapanmodelpembelajarantersebutdidalamkelas.