Implementasi model pembelajaran make a match untuk meninhkatkan keaktifan belajar IPS geografi materi atmosfer pada siswa kelas VII C di MTs Negeri Jetis Ponorogo semester genap tahun ajaran 2010/2011 / Ata Najdatul Luthfiana
Main Author: | Luthfiana, Ata Najdatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52883/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranMakeAMatchkeaktifanbelajarBerdasarkanobservasiselamaprosespembelajarandikelasberlangsungpadatanggal27dan29Januari2011diperolehkesimpulanbahwakeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalberadadalamkategoricukupdenganperolehanpersentase5091%saja.Keberhasilantindakansiswasecaraindividudari34siswaseluruhnyaberadadalamkategoricukup.Penyebabsiswakurangaktifselamaprosespembelajarandikarenakanmodelpembelajaranyangdipergunakantidakbervariasimasihberupametodetradisonalyaituceramahyangberujungpadasiswaakanmudahmengalamikebosanantidakbersemangatyangakhirnyaakanmelakukankegiatanlaindiluarkegiatanpembelajaranyangsedangberlangsung.KeaktifansiswadidalamkelasyangminiminiberdampakterhadaphasilbelajaryangdicapaisiswakelasVIICyaitusebanyak83%siswabelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yangadadiMTsNegeriJetisyaitu70.TujuandaripenelitianiniadalahmeningkatkankeaktifanbelajarsiswadenganimplementasimodelpembelajaranMakeAMatch.PenelitianinidilaksanakandiMTsNegeriJetispadabulanFebruari2011dengansubjeksiswakelasVIICyangberjumlah34siswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatakeaktifanbelajarsiswamenggunakanlembarobservasikeaktifanbelajarsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswameningkatdarisiklusIkesiklusII.PadasiklusIkeaktifanbelajarsiswatelahberadadalamtarafkeberhasilanbaikyaitu6921%sedangkankeaktifansiswasecaraindividusebanyak31siswasudahberadadalamkategoribaik.PadasiklusIIterjadipeningkatankeaktifanbelajarsiswasebesar1532%yaknidari6921%menjadi7986%dengankeaktifansiswasecaraindividusebanyak17siswaberadadalamkategoribaikdansisanya17siswaberadadalamkategorisangatbaik.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranMakeAMatchdapatmeningkatkankeaktifanbelajarIPSgeografimateriatmosferpadasiswakelasVIICdiMTsNegeriJetisPonorogosehinggadisarankankepadaparagurugeografiuntukmencobamenerapkanmodelpembelajaranMakeAMatchagarkualitaspembelajarangeografisemakinmeningkat.Kepadapihaksekolahdisarankanagarmemberikanfasilitasyangmenunjangkeberhasilanpenerapanmodelpembelajarantersebutdidalamkelas.