Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu pada guru IPS di SMP negeri Kota Malang / Kurnia Muhalimah

Main Author: Muhalimah, Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52882/
Daftar Isi:
  • KataKunciPelaksanaanpembelajaranIPSTerpaduPembelajaranIPSmasihbanyakdilaksanakansecaraterpisahsehinggapencapaianStandartKompetensi(SK)danKompetensiDasar(KD)masihdilakukansesuaidengankajianmasing-masingmatapelajaran(GeografiSosiologiSejarahdanEkonomi).Sampaisaatinimasihbanyakdijumpaisekolah-sekolahyangbelummelaksanakanpembelajaranIPSsecaraterpadudalampelaksanaannyapembelajaranIPSmasihberdirisendiri-sendiridimanakompetensiIPSTerpadutidakhanyadalamsatumateripelajaransajamelainkanmenterpadukankeseluruhansubjekdalamBidangStudiIPS.Sesuaidengankurikulum2006(KTSP)untukBidangStudiIPSdijenjangSMPsecaralegalformalditetapkandenganmenggunakanmodelpembelajaranIPSTerpadu(Depdiknas2006b1).OlehsebabitudalampelaksanaannyamasihterjadikesenjanganantarapelaksanaanpembelajaranBidangStudiIPSsesuaipedomanKTSPdengankenyataanpelaksanaannyadisekolah.Penelitianinibertujuanuntuk(a)MengetahuikegiatansosialisasitentangpelaksanaanpembelajaranIPSTerpaduyangdiikutiolehGuruIPSpadaSMPNegeridiKotaMalang(b)MengetahuipemahamanGuruIPSpadaSMPNegeridiKotaMalangdalampelaksanaanpembelajaranIPSTerpadusesuaidenganpedomanKTSPdiKotaMalang(c)MengetahuipelaksanaanpembelajaranIPSTerpadupadaSMPNegeridiKotaMalang(d)MengetahuipermasalahanyangdihadapiGuruIPSdalampelaksanaanpembelajaranIPSTerpadupadaSMPNegeridiKotaMalang(e)MengetahuiusahayangdilakukanolehGuruIPSuntukmenambahpengetahuanpadakajianBidangStudiIPSTerpadudiSMPNegeriKotaMalang.Jenispenelitiandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifpendekatanpenelitianbertumpupadapendekatanfenomenologisyakniusahauntukmemahamiartiperistiwadankaitan-kaitannyaterhadaporang-orangyangbiasadalamsituasitertentu.Penelitiandilakukanpadaobyekyangalamiahobyekyangberkembangapaadanyatidakdimanipulasiolehpenelitidankehadiranpenelititidakmempengaruhidinamikapadaobyektersebut.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakegiatansosialisasiyangdiikutiolehGuruIPSyaitudiskusidankerjakelompokdalamforumMGMPIPSKotaMalangrapatkerjaantaraperwakilanMGMPSMPIPSKotaMalangdengananggotaMGMPIPSsekolahdankegiatanseminardiklatdanworkshoptentangpembelajaranIPSTerpadu.Guru-guruIPSpadaSMPNegeridiKotaMalangsudahmemilikipemahamanyangtepatmengenaipelaksanaanpembelajaranIPSsesuaipedomanKTSP.PelaksanaanpembelajaranIPSpadaSMPNegeridiKotaMalangbelumdilaksanakansecaraterpadusesuaidenganpedomanKTSPyaitukajianBidangStudiIPSyangmeliputiSejarahEkonomiGeografidanSosiologidalampenyampaianmaterinyamasihdisampaikansecaraterpisah-pisahataubelumterintegrasi.DalampelaksanaanpembelajaranBidangStudiIPSsesuaipedomanKTSPmasihterdapatberbagaipermasalahanyangdihadapiolehGuru-guruIPSyaitukesulitandalammemahamimateridiluarlatarbelakangkeahliannyakesulitandalammengintegrasikanKDpadamasing-masingMataPelajaran(GeografiSosiologiSejarahEkonomi)menjadisatutemaataupokokbahasanpembelajarandanbelumadabukuBidangStudiIPSyangmaterinyasudahmenjadisatukesatuanyangterpadu.UsahayangdilakukanolehGuruIPSuntukmenambahpengetahuanpadakajianBidangStudiIPSTerpadudiSMPNegeriKotaMalangyaitumempelajarimateridiluarlatarbelakangkeahliannyadaribuku-bukupenunjangyangrelevanbertanyapadaguruyangsesuaipadalatarbelakangkeahliannyapadamateriyangtidakdipahamidanmengikutikegiatanseminardiklatrapatkerjadanworkshoptentangpembelajaranIPSsesuaipedomanKTSP.