Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu pada guru IPS di SMP negeri Kota Malang / Kurnia Muhalimah
Main Author: | Muhalimah, Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52882/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPelaksanaanpembelajaranIPSTerpaduPembelajaranIPSmasihbanyakdilaksanakansecaraterpisahsehinggapencapaianStandartKompetensi(SK)danKompetensiDasar(KD)masihdilakukansesuaidengankajianmasing-masingmatapelajaran(GeografiSosiologiSejarahdanEkonomi).Sampaisaatinimasihbanyakdijumpaisekolah-sekolahyangbelummelaksanakanpembelajaranIPSsecaraterpadudalampelaksanaannyapembelajaranIPSmasihberdirisendiri-sendiridimanakompetensiIPSTerpadutidakhanyadalamsatumateripelajaransajamelainkanmenterpadukankeseluruhansubjekdalamBidangStudiIPS.Sesuaidengankurikulum2006(KTSP)untukBidangStudiIPSdijenjangSMPsecaralegalformalditetapkandenganmenggunakanmodelpembelajaranIPSTerpadu(Depdiknas2006b1).OlehsebabitudalampelaksanaannyamasihterjadikesenjanganantarapelaksanaanpembelajaranBidangStudiIPSsesuaipedomanKTSPdengankenyataanpelaksanaannyadisekolah.Penelitianinibertujuanuntuk(a)MengetahuikegiatansosialisasitentangpelaksanaanpembelajaranIPSTerpaduyangdiikutiolehGuruIPSpadaSMPNegeridiKotaMalang(b)MengetahuipemahamanGuruIPSpadaSMPNegeridiKotaMalangdalampelaksanaanpembelajaranIPSTerpadusesuaidenganpedomanKTSPdiKotaMalang(c)MengetahuipelaksanaanpembelajaranIPSTerpadupadaSMPNegeridiKotaMalang(d)MengetahuipermasalahanyangdihadapiGuruIPSdalampelaksanaanpembelajaranIPSTerpadupadaSMPNegeridiKotaMalang(e)MengetahuiusahayangdilakukanolehGuruIPSuntukmenambahpengetahuanpadakajianBidangStudiIPSTerpadudiSMPNegeriKotaMalang.Jenispenelitiandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifpendekatanpenelitianbertumpupadapendekatanfenomenologisyakniusahauntukmemahamiartiperistiwadankaitan-kaitannyaterhadaporang-orangyangbiasadalamsituasitertentu.Penelitiandilakukanpadaobyekyangalamiahobyekyangberkembangapaadanyatidakdimanipulasiolehpenelitidankehadiranpenelititidakmempengaruhidinamikapadaobyektersebut.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakegiatansosialisasiyangdiikutiolehGuruIPSyaitudiskusidankerjakelompokdalamforumMGMPIPSKotaMalangrapatkerjaantaraperwakilanMGMPSMPIPSKotaMalangdengananggotaMGMPIPSsekolahdankegiatanseminardiklatdanworkshoptentangpembelajaranIPSTerpadu.Guru-guruIPSpadaSMPNegeridiKotaMalangsudahmemilikipemahamanyangtepatmengenaipelaksanaanpembelajaranIPSsesuaipedomanKTSP.PelaksanaanpembelajaranIPSpadaSMPNegeridiKotaMalangbelumdilaksanakansecaraterpadusesuaidenganpedomanKTSPyaitukajianBidangStudiIPSyangmeliputiSejarahEkonomiGeografidanSosiologidalampenyampaianmaterinyamasihdisampaikansecaraterpisah-pisahataubelumterintegrasi.DalampelaksanaanpembelajaranBidangStudiIPSsesuaipedomanKTSPmasihterdapatberbagaipermasalahanyangdihadapiolehGuru-guruIPSyaitukesulitandalammemahamimateridiluarlatarbelakangkeahliannyakesulitandalammengintegrasikanKDpadamasing-masingMataPelajaran(GeografiSosiologiSejarahEkonomi)menjadisatutemaataupokokbahasanpembelajarandanbelumadabukuBidangStudiIPSyangmaterinyasudahmenjadisatukesatuanyangterpadu.UsahayangdilakukanolehGuruIPSuntukmenambahpengetahuanpadakajianBidangStudiIPSTerpadudiSMPNegeriKotaMalangyaitumempelajarimateridiluarlatarbelakangkeahliannyadaribuku-bukupenunjangyangrelevanbertanyapadaguruyangsesuaipadalatarbelakangkeahliannyapadamateriyangtidakdipahamidanmengikutikegiatanseminardiklatrapatkerjadanworkshoptentangpembelajaranIPSsesuaipedomanKTSP.