Penerapan pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X-1 SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro / Dita Kusumaningtyas
Main Author: | Kusumaningtyas, Dita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52876/ |
Daftar Isi:
- KatakunciTeamAssistedIndividualization(TAI)HasilBelajar.Hasilobservasipadatanggal13Oktober2010menunjukkanbahwasebagianbesarsiswa(75%)tidakdapatmemahamimateripelajaranGeografidikarenakankurangnyapemahamandanminatpadapelajaranGeografi.Artinyadari32siswayangadadikelasX-1SMANegeri1Sugihwarastersebut78%(sekitar25siswa)diantaranyabelummencapaiSKMyangditentukanolehsekolahyaitu75.OlehkarenaitupenelitianinidilakukanuntukmenerapkanmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)dalamrangkameningkatkanhasilbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-1SMANegeri1SugihwarasmelaluimodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI).UntukmencapaimaksudtersebutmakapenelitianinidilaksanakandenganmenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasX-1SMANegeri1Sugihwaras.Teknikpengumpulandatayangdilakukandalampenelitianiniadalahtesobservasicatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haliniditunjukkandenganpeningkatanhasilbelajarsiswadaripratindakanyaitu2188%padasiklus1menjadi6875%begitujugadengansiklus2menjadi8750%.Jadipeningkatanhasilbelajarsiswadarisiklus1kesiklus2sebesar1875%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaX-1SMANegeri1SugihwaraspadamatapelajaranGeografidenganmateriKonsepGeografi.Sebagaitindaklanjutdaripenelitianinimakapenelitimemberikansaran(1)GuruperlumenerapkanModelPembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)sebagaisalahsatumodelalternatifdalamkegiatanpembelajaran.(2)GuruperlumengaturalokasiwaktuyangtepatsehinggasemuakegiatanpembelajaranmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)dapatterlaksanadenganbaik.(3)BagipenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitiantentangpenerapanModelPembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)dalampembelajaranIPSGeografipadamateriyanglainuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.