Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas VIII A SMPN 24 Malang / Muchlisotul Furda
Main Author: | Furda, Muchlisotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52872/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajaranthinkpairsharedanhasilbelajar.DemitercapainyapeningkatankualitaspembelajaransalahsatuupayapemerintahmenetapkanstandarKetuntasanminimalyangharusdicapaidalampembelajaranbaikstandarketuntasanminimaluntukketerampilanprosesmaupunhasilbelajaryangdiperolehsiswadalampembelajaran.BerdasarkanhasilobservasiawalpadabulanAgustus2010dalamprosespembelajarangeografidikelasVIIIASMPN24Malangtahunajaran2010/2011terdapatbeberapakelemahanyangmempengaruhihasilbelajarsiswayaitu1)Siswatampakkurangberminatterhadapcaragurudalammenyampaikanmaterigeografidalampembelajaranada3siswayangseringmengantukdikelas2)Hasilbelajarsiswamasihbelumtuntassekitar7726%ataudari44siswahanyaada10siswayangmemperolehnilailebihbesaratausamadengan70padaulanganharianpertama3)Siswamasihtergantungpadalembarkerjasiswa4)Kurangnyamediapembelajaranyangmendukungpembelajarangeografi.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPS.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari1kalipertemuan.PenelitianinidilakukandikelasVIIIASMPN24MalangpadabulanDesember2010.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatifdenganmenggunakantabelpersentasedangainscore.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarGeografisiswamengalamipeningkatan.PeningkatanhasilbelajardaripratindakansiklusIkesiklusII.Padapratindakanrata-ratanilaikelas587denganpersentase1881%.SiklusImengalamipeningkatanadalah658denganpersentasekeberhasilantindakansebesar4546%.SiklusIIdiperolehrata-ratahasilbelajargeografisiswasebesar7197denganpersentasekeberhasilantindakansebesar8864%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatanhasilbelajarGeografisetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelTPS.DisarankankepadaparaguruGeografiuntukmencobamenerapkanmodelTPSagarkualitaspembelajaranGeografisemakinmeningkat.Kepadapihaksekolahdisarankanagarmemberikanfasilitasyangmenunjangkeberhasilanpenerapanmodeltersebutdisekolahsepertimediabelajargeografiyangmemadaidanmenerapkanbeberapametodepembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanhasilbelajardankeaktifansiswa.