Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas VIII A SMPN 24 Malang / Muchlisotul Furda

Main Author: Furda, Muchlisotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52872/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajaranthinkpairsharedanhasilbelajar.DemitercapainyapeningkatankualitaspembelajaransalahsatuupayapemerintahmenetapkanstandarKetuntasanminimalyangharusdicapaidalampembelajaranbaikstandarketuntasanminimaluntukketerampilanprosesmaupunhasilbelajaryangdiperolehsiswadalampembelajaran.BerdasarkanhasilobservasiawalpadabulanAgustus2010dalamprosespembelajarangeografidikelasVIIIASMPN24Malangtahunajaran2010/2011terdapatbeberapakelemahanyangmempengaruhihasilbelajarsiswayaitu1)Siswatampakkurangberminatterhadapcaragurudalammenyampaikanmaterigeografidalampembelajaranada3siswayangseringmengantukdikelas2)Hasilbelajarsiswamasihbelumtuntassekitar7726%ataudari44siswahanyaada10siswayangmemperolehnilailebihbesaratausamadengan70padaulanganharianpertama3)Siswamasihtergantungpadalembarkerjasiswa4)Kurangnyamediapembelajaranyangmendukungpembelajarangeografi.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPS.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari1kalipertemuan.PenelitianinidilakukandikelasVIIIASMPN24MalangpadabulanDesember2010.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatifdenganmenggunakantabelpersentasedangainscore.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarGeografisiswamengalamipeningkatan.PeningkatanhasilbelajardaripratindakansiklusIkesiklusII.Padapratindakanrata-ratanilaikelas587denganpersentase1881%.SiklusImengalamipeningkatanadalah658denganpersentasekeberhasilantindakansebesar4546%.SiklusIIdiperolehrata-ratahasilbelajargeografisiswasebesar7197denganpersentasekeberhasilantindakansebesar8864%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatanhasilbelajarGeografisetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelTPS.DisarankankepadaparaguruGeografiuntukmencobamenerapkanmodelTPSagarkualitaspembelajaranGeografisemakinmeningkat.Kepadapihaksekolahdisarankanagarmemberikanfasilitasyangmenunjangkeberhasilanpenerapanmodeltersebutdisekolahsepertimediabelajargeografiyangmemadaidanmenerapkanbeberapametodepembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanhasilbelajardankeaktifansiswa.