Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Islam Malang / Margo Suwito Utomo

Main Author: Utomo, Margo Suwito
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52869/
Daftar Isi:
  • KataKunciMinatbelajarHasilbelajargeografiCooperativeIntegratedReadingandCompotition(CIRC)HasilobservasiawalyangdilaksanakandikelasXIIPS2SMAIslamMalangpadahariRabu20Agustus2010rata-ratasiswacenderungkurangberminatdalambelajarhalinidapatdilihatketikaberadadalamkelasterdapatsiswayangmengobrolsendiridantidakmencatatpenjelasanyangdisampaikanolehguru.NilaihasilbelajarnyarendahkurangdariSKMyangditentukan880570.KetikaUlanganHarianpertamadengantopikbahasanBiosfersiswakelasXIIPS2yangmendapatkannilaidiatas70sebanyak16siswadan20siswalainnyamendapatkannilaidibawah70.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswapadamatapelajarangeografikelasXIIPSSMAIslamMalangdenganmenerapkanmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingandCompotition(CIRC).CIRCdalampenelitianiniditerapkandimaterikelasXIIPSsemester1indikatorPemanfaatanSumberDayaAlamSecaraArif.Untukmengukurminatsiswadigunakaninstrumentpedomanwawancarasedangkanuntukmengukurhasilbelajarsiswadigunakantes.Pedomanwawancaradantessiswadianalisismenggunakanpersentase.PenelitandilakukandiSMAIslamMalangmulaitanggal19Novembersampai3Desember2010.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasyangdilakukansebanyak2siklusdimanasetiapsiklusmeliputikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianiniyaitusiswakelasXIIPS2SMAIslamMalangsebanyak36siswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyapeningkatanminatdanhasilbelajarsiswapadamatapelajarangeografisetelahpelaksanaansiklusIdansetelahpelaksanaansiklusII.Peningkatanminatsiswapadamatapelajarangeografiinidilihatdaripeningkatanpersentasetiapindikatorminatsiswayangmengalamipeningkatansedangkanpeningkatanhasilbelajarsiswadilihatdaripeningkatanhasiltessiswa.KesimpulanpenelitianbahwapembelajarankooperatifmodelCooperativeIntegratedReadingandCompotitiondapatmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswapadamatapelajarangeografikelasXIIPSSMAIslamMalangpadakompetensidasarPemanfaatanSumberDayaAlamsecaraArif.Hasiltentangminatpadasiklussatuindikatorketertarikan7571%danpadaindikatorkesenangan8334%.Padasiklusduameningkatmenjadi811%padaindikatorketertarikandan8824%padaindikatorkesenangan.Teshasilbelajardiperolehpeningkatanketuntasandarisiklussatuyaitu5335%naikmenjadi9118%padasiklusduadarijumlahkeseluruhansiswa.Denganrata-ratanilaihasilbelajarpadasiklussatuyaitu6817menjadi7853padasiklusduaSecaraumumdalampenerapanpembelajaranmodelCIRCsudahbaiknamunmemerlukanbanyakpembenahanpadabeberapatahapanpembelajaranmodelCIRCtersebut.