Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar geografi pada topik hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek / Wulan Dwi Permatasari

Main Author: Permatasari, Wulan Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52860/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranKooperatifModelCooperativeScripthasilbelajarBerdasarkanpengamatanyangdilaksanakandiSMANegeri1Durenanmenunjukkanbahwamasihbanyaksiswayangkurangaktifdalampembelajaran.Haltersebutterjadikarenapolapembelajaranyangmasihkurangbervariasi.Selainituhaltersebutjugaberdampakpadahasilbelajarsiswayangtidakoptimal.Siswatidakdapatmenerimadanmengendapkanmateribelajarlebihbanyakyangdisajikanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranCooperativeScriptterhadaphasilbelajarGeografipadatopikhidrosferkelasXSMANegeri1DurenanTrenggalek.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXBsebagaikelaseksperimendankelasXAsebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascates.Teknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasangan(IndependentSamplesTest)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratakelaseksperimendankelaskntrol.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwahasilbelajarsiswapadakelaseksperimenmemilikirata-ratasebesar2921sedangkanpadakelaskontrolmemilikirata-rata1697dengannilaiprobabilitas(p)0000sehinggaadapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptterhadaphasilbelajarGeografisiswapadatopikHidrosfer.DisarankanbagiguruGeografiuntukmenggunakanmodelpembelajaranCooperativeScriptsebagaivariasimodelpembelajarankarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenggunakanmodeliniuntukmateriselaintopikHidrosfer.