Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar geografi pada topik hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek / Wulan Dwi Permatasari
Main Author: | Permatasari, Wulan Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52860/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranKooperatifModelCooperativeScripthasilbelajarBerdasarkanpengamatanyangdilaksanakandiSMANegeri1Durenanmenunjukkanbahwamasihbanyaksiswayangkurangaktifdalampembelajaran.Haltersebutterjadikarenapolapembelajaranyangmasihkurangbervariasi.Selainituhaltersebutjugaberdampakpadahasilbelajarsiswayangtidakoptimal.Siswatidakdapatmenerimadanmengendapkanmateribelajarlebihbanyakyangdisajikanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranCooperativeScriptterhadaphasilbelajarGeografipadatopikhidrosferkelasXSMANegeri1DurenanTrenggalek.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXBsebagaikelaseksperimendankelasXAsebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascates.Teknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasangan(IndependentSamplesTest)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratakelaseksperimendankelaskntrol.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwahasilbelajarsiswapadakelaseksperimenmemilikirata-ratasebesar2921sedangkanpadakelaskontrolmemilikirata-rata1697dengannilaiprobabilitas(p)0000sehinggaadapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptterhadaphasilbelajarGeografisiswapadatopikHidrosfer.DisarankanbagiguruGeografiuntukmenggunakanmodelpembelajaranCooperativeScriptsebagaivariasimodelpembelajarankarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenggunakanmodeliniuntukmateriselaintopikHidrosfer.