Pengaruh siklus belajar (Learning cycle) model Lawson terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Sahesty Andriani

Main Author: Andriani, Sahesty
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52858/
Daftar Isi:
  • Katakuncisiklusbelajar(learningcycle)hasilbelajar.Peningkatanhasilbelajardapatdilakukandenganmeningkatankualitasprosespembelajaran.Salahsatujenisstrategipembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajaradalahsiklusbelajar.Pembelajaranmenggunakansiklusbelajarterdiridari3faseyaitueksplorasieksplanasidanekspansi.Padadasarnyamodelinidapatmeningkatkanpelaksanaanpendekatanketerampilanprosesyaituaktivitasyangberujungpadameningkatnyaketerampilankognitifsiswayaituhasilbelajar.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhsiklusbelajar(learningcycle)modelLawsonterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri6Malang.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(quasieksperiment).Subjekpenelitianberjumlah64orangsiswayangterbagidalamduakelasyaitukelasX5sebagaikelaseksperimendankelasX6sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascates.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilanalisisdatadiketahuibahwahasilbelajargeografidenganmenggunakansiklusbelajarmemilikirata-ratanilailebihbaikdibandingkandengantanpamenggunakansiklusbelajar.Rata-ratahasilbelajar(gainscore)siswapadakelaseksperimensebesar3629sedangkanpadakelaskontrolsebesar2411.Hasilujistatistikyangditerapkandalampenelitianinidiperolehthitungsebesar4385denganprobabilitas(sig.)yaitu0000.Merujukpadahasilanalisisdatadantemuanpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwasiklusbelajar(learningcycle)modelLawsonberpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri6Malang.Bertolakdarihasilpenelitiandankesimpulantersebutmakadikemukakansaranuntukmeningkatkanhasilbelajargeografigurudapatmelaksanakanpembelajarandenganmenggunakansiklusbelajar.Bagipenelitilanjutandisarankanmengembangkanmodelsiklusbelajardenganmengujicobakankombinasimodeldanmediapembelajaranyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadaphasilbelajarsiswadanmemperolehmanfaatdarisiklusbelajar.