Pengaruh siklus belajar (Learning cycle) model Lawson terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Sahesty Andriani
Main Author: | Andriani, Sahesty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52858/ |
Daftar Isi:
- Katakuncisiklusbelajar(learningcycle)hasilbelajar.Peningkatanhasilbelajardapatdilakukandenganmeningkatankualitasprosespembelajaran.Salahsatujenisstrategipembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajaradalahsiklusbelajar.Pembelajaranmenggunakansiklusbelajarterdiridari3faseyaitueksplorasieksplanasidanekspansi.Padadasarnyamodelinidapatmeningkatkanpelaksanaanpendekatanketerampilanprosesyaituaktivitasyangberujungpadameningkatnyaketerampilankognitifsiswayaituhasilbelajar.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhsiklusbelajar(learningcycle)modelLawsonterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri6Malang.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(quasieksperiment).Subjekpenelitianberjumlah64orangsiswayangterbagidalamduakelasyaitukelasX5sebagaikelaseksperimendankelasX6sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascates.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilanalisisdatadiketahuibahwahasilbelajargeografidenganmenggunakansiklusbelajarmemilikirata-ratanilailebihbaikdibandingkandengantanpamenggunakansiklusbelajar.Rata-ratahasilbelajar(gainscore)siswapadakelaseksperimensebesar3629sedangkanpadakelaskontrolsebesar2411.Hasilujistatistikyangditerapkandalampenelitianinidiperolehthitungsebesar4385denganprobabilitas(sig.)yaitu0000.Merujukpadahasilanalisisdatadantemuanpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwasiklusbelajar(learningcycle)modelLawsonberpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri6Malang.Bertolakdarihasilpenelitiandankesimpulantersebutmakadikemukakansaranuntukmeningkatkanhasilbelajargeografigurudapatmelaksanakanpembelajarandenganmenggunakansiklusbelajar.Bagipenelitilanjutandisarankanmengembangkanmodelsiklusbelajardenganmengujicobakankombinasimodeldanmediapembelajaranyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadaphasilbelajarsiswadanmemperolehmanfaatdarisiklusbelajar.