Penerapan pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X-7 SMA Negeri 1 Jombang dengan materi Atmosfer / Candranofani Adutyawan <BR>

Main Author: Adityawan, Candranofani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52852/
Daftar Isi:
  • KatakunciTeamAssistedIndividualization(TAI)HasilBelajar.Hasilobservasipadatanggal13Maret2010menunjukkanbahwasebagianbesarsiswa(75%)tidakdapatmemahamimateripelajaranGeografidikarenakankurangnyapemahamandanminatpadapelajaranGeografi.Artinyadari35siswayangadadikelasX-7SMANegeri1Jombangtersebut75%(sekitar26siswa)diantaranyabelummencapaiSKMyangditentukanolehsekolahyaitu75.OlehkarenaitupenelitianinidilakukanuntukmenerapkanmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)dalamrangkameningkatkanhasilbelajar.SesuaidenganprogramstudipenelitiyaitupendidikanGeografimakapenelitianinidikhususkanpadamatapelajaranGeografiyangakanditerapkanpadasiswakelasX-7SMANegeri1Jombang.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-7SMANegeri1JombangmelaluimodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI).UntukmencapaimaksudtersebutmakapenelitianinidilaksanakandenganmenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasX-7SMANegeri1Jombang.Teknikpengumpulandatayangdilakukandalampenelitianiniadalahtesobservasicatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haliniditunjukkandenganpeningkatanhasilbelajarsiswapadasiklus1yaitusebelumtindakan4571%dansesudahdiberitindakanmenjadi60%begitujugadengansiklus2sebelumdiberitindakan7143%dansesudahdiberitindakan8857%.Jadipeningkatanhasilbelajarsiswadarisiklus1kesiklus2sebesar2857%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaX-7SMANegeri1JombangpadamatapelajaranGeografidenganmateriAtmosfer.