Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif think-talk-write (TTW) terhadap hasil belajar IPS Geografi pada kompetensi dasar hidrosfer siswa kelas VII MTs Surya Buana Malang / Siti Fathur Rohmah Hasan Fadhly
Main Author: | Fadhly, Siti Fathur Rohmah Hasan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52807/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFadhlyHasanR.F.S.2010.PengaruhPenerapanModelPembelajaranKooperatifThink-Talk-Write(TTW)terhadapHasilBelajarIPSGeografipadaKompetensiDasarHidrosferSiswaKelasVIIMTsSuryaBuanaMalang.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.(II)Drs.HendriPurwitoM.SiKatakuncihasilbelajarmodelpembelajarankooperatifTTWPadaumumnyamatapelajaranIPSgeografiseringdiidentikandenganpelajaranhafalan.HalinidikarenakanpembelajaranIPSgeografiselamainilebihbanyakmembuatsiswamenghafalsebagianbesarkonseptanpaadanyaupayauntukmemahamikonsepmelaluipengalamanbelajarlainyangmengakibatkansiswatidakmemahamimaterisecaramendalamsehinggahasilbelajarIPSgeografisiswacenderungrendah.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperlupemilihanmodelpembelajaranyangtepatyangmemperhatikankarakteristiksiswamateripelajarantujuanmateridanwaktuyangtersediauntukmenyampaikanmateritersebut.AdapunmodelpembelajaranyangefektifdigunakanolehgurudengankarakteristikyangtelahdipaparkantersebutadalahmodelpembelajarankooperatifmodelThink-Talk-Write(TTW).ModelTTWiniterdiridaritigatahapanyangdimulaidenganaktivitasberfikirmelaluimembacamengomunikasikandanmenuliskanidesertamendiskusikansesamatemanyangdiberikanolehgurudenganseluas-luasnyasehinggaanakdapatmembangunpemahamansendirisesuaikemampuannyakemudianbelajarmengaktualisasikanpemahamannyadanbersosialisasidalambentukdiskusikelompokkemudianpadatahapakhirsiswamampumengomunikasikanidenyadenganmenuliskanpemahamanyangdibangunnyadalambentuktulisan.Setiaptahapandalammodelinimampumengkonstrukkemampuansiswamemahamikonsephidrosfer.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapanModelPembelajaranTTWterhadaphasilbelajarIPSGeografipadaKompetensiDasarHidrosfer.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)yangmenggunakanrancanganPretest-posttestControlGroupDesign.SubjekpenelitianterdiridarisatukelaseksperimendansatukelaskontrolsiswakelasVIIMTsSuryaBuanaMalang.Instrumenpenelitianberupatesdenganteknikanalisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS13.00forWindows.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwahasilbelajarIPSGeografipadaKompetensiDasarHidrosfersiswayangmenggunakanModelPembelajaranTTWlebihbaikdaripadasiswayangtidakmenggunakanModelPembelajaranTTW.DengandemikiandapatdikemukakanbahwapenggunaanModelPembelajaranTTWberpengaruhpadahasilbelajarIPSGeografisiswa.SaranuntukgurubidangstudiIPSGeografiadalahmenjadikanModelPembelajaranTTWsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadansaranuntukpenelitiselanjutnyaadalahmengujicobakanModelPembelajaranTTWyangdikombinasikandenganmediapembelajaranyangvariatifpadamateriberbedadanjenjangkelasatausekolahyanglebihtinggisehinggadiperolehmanfaatyanglebihbesardariModelPembelajaranTTW.