Penerapan metode diskusi syndicate group untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII A SMPN 24 Malang pada materi kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk / Evy Agustina Rokhmawati
Main Author: | Rokhmawati, Evy Agustina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52796/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRokhmawatiEvyA.2010.PenerapanMetodeDiskusiSyndicateGroupuntukMeningkatkanKeaktifanBelajarSiswaKelasVIIASMPN24MalangpadaMateriKaitanantaraKondisiGeografisdenganKeadaanPenduduk.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AchmadAmirudinM.Pd(II)Drs.DwiyonoHariUtomoM.Pd.M.SiKataKunciMetodeDiskusiSyndicateGroupkeaktifanbelajarsiswaBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal3November2009diKelasVIIASMPN24Malangdiketahuibahwasiswamasihkurangaktifdalamprosespembelajaran.KegiatanBelajarMengajar(KBM)masihdidominasiolehguruataudapatdikatakanguruaktifsedangkansiswahanyadudukmendengarkanmencatatbermainsendiridanadayangdiamsehinggaterlihatpasifdidalamprosespembelajaranyangberlangsung.BerdasarkanpermasalahantersebutpenelitianiniditerapkanDiskusiSyndicateGroupyangmerupakansalahsatumetodepembelajarankooperatifuntukmelatihsiswaaktifdalampembelajaranyaknibertanyamenjawabpertanyaandanmemberisaran.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankeaktifanbelajarsiswadenganmenggunakanmetodetersebut.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch).Prosedurpenelitiantindakankelasinimeliputiperencanaanpelaksanaandanpelaporan.Kegiatanpembelajaranterdiridariduasiklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasi.PenelitiandilaksanakandiKelasVIIASMPN24Malangdenganjumlahsiswa51orangpadamateriKaitanantaraKondisiGeografisdenganKeadaanPenduduk.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatankeaktifankelompokdankeaktifanbelajarsiswaKelasVIIASMPN24Malangyangditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapersentasekeaktifankelompokpadasiklusIsebesar5653%(cukup)meningkatmenjadi8013%(sangatbaik)padasiklusII.PeningkatankeaktifanbelajarsiswapadasiklusIsebesar5804%(cukup)meningkatmenjadi8171%(sangatbaik)padasiklusII.Berdasarkanhasiltersebutdiajukansaran-saransebagaiberikut(1)GurusebaiknyamenerapkanMetodeDiskusiSyndicateGroupsebagaisalahsatualternatifdalamkegiatanpembelajarandenganmemberikanmateriproblematikagartujuandiskusidapattercapai(2)Gurusebaiknyadapatmengelolakelaslebihbaikterutamadalammengatasisiswayangseringmembuatramaidangaduhsehinggapelaksanaankegiatanpembelajarandapatberjalandenganbaikdanlancar(3)GurusebaiknyadapatmengaturalokasiwaktusecaratepatsehinggasemuakegiatanpembelajaranMetodeDiskusiSyndicateGroupterlaksana(4)Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyamendatangkanobserveryanglebihbanyaklagiagarkeaktifanbelajarsiswadapatdiamatisecaracermat.