Penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar ips-geografi siswa kelas VIII-D SMP Muhammadiyah Kediri / Arizza Rusita
Main Author: | Rusita, Arizza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52790/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRusitaArizza.2010.PenerapanPembelajaranKooperatifModelTeamGamesTournament(TGT)untukMeningkatkanHasilBelajarIPSGeografiSiswaKelasVIII-DSMPMuhammadiyahKediri.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyonoHariUM.PdM.Si(II)Prof.Dr.SumarmiM.PdKataKunciModelTeamGamesTournament(TGT)HasilBelajar.Berdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurubidangstudimetodeyangseringdigunakanadalahmetodeceramahdanpemberiantugasindividual.DiSMPMuhammadiyahKediritidakmempunyaikelasunggulankemampuanakademiksiswadidalamkelasheterogen.Hanya476%dari42siswapadakelasVIII-DmemenuhistandarketuntasanminimumsehinggadapatdikatakankelasVIII-Dbelumtuntas.Suatukelasdikatakantuntasbelajarnyajikadikelastersebutterdapat85%siswatelahmencapaiketuntasanindividual.MetodepembelajaranyangdigunakanguruGeografimembuatsiswadidalamkelasbelummemilikiteamworksehinggahubunganpersonalantarsiswabelumterbangunataubisadikatakansiswamemilikisikapindividualis.Sikapsiswainimengakibatkantingkatpemahamansiswadalamkelasberbeda-beda.DenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelTeamGamesTournament(TGT)diharapkansemuasiswasecarameratadapatmemahamimateriyangdiajarkanolehgurusehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarIPSGeografisiswakelasVIII-DSMPMuhammadiyahKedirimelaluipenerapanmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT).PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklustindakan.Dalampenelitianinidatayangdiperolehadalahberupadatapelaksanaanpenerapantindakanyangdilakukanolehgurudatahasilbelajarsiswatiapsikluscatatanlapangandanlembarobservasiprosespembelajaran.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahsoalturnamenformatdokumentasilembarobservasipelaksanaanpenerapantindakangurucatatanlapangandanlembarobservasiprosespembelajaran.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTeamGamesTournamentdalambidangstudiIPS-GeografidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPMuhammadiyahKediri.HasilbelajarsiswameningkatpadaSiklusIkeSiklusII.BerdasarkanpenelitianinibagiparagurudisarankanuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTeamGamesTournamentpadapokokbahasanselainPenyimpanganSosialdanHubunganSosialsebagaialternatifdalampelaksanaanpembelajaran.Paraguruhendaknyajugalebihmendorongdanmemotivasisiswaagarlebihgiatbelajarbaikdirumahmaupundisekolah.