Pengaruh media microsoft powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VIII pada topik bahasan kondisi fisik wilayah dan penduduk di SMP Negeri 2 Malang / Johandayani

Main Author: Johandayani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52784/
Daftar Isi:
  • Johandayani.2009.PengaruhMediaMicrosoftPowerPointterhadapHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranGeografiKelasVIIIpadaTopikBahasanKondisiFisikWilayahdanPendudukdiSMPNegeri2Malang.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.EdyPurwantoM.Pd(II)Drs.YusufSuharto.KatakunciMediaMicrosoftPowerPointhasilbelajar.Memajukankemampuananakdidiktidaklahmudahkarenasifatpembelajaranyangsemakinkompleks.Gurusiswakurikulumsaranadanprasaranayangtermasukdidalamprosespembelajaransalingberhubungan.Gurumempunyaitugasmemilihmetodedanmediapembelajaranyangtepatsesuaidengankarakteristiksiswasertamateriyangdisampaikandemitercapainyatujuanpendidikankhususnyabelajargeografi.Alatataumediapembelajaranmerupakansalahsatukomponenyangsangatpentinguntukpeningkatankemampuananakdidikdalamprosesbelajarmengajar.SalahsatumediapembelajaranyangbanyakdigunakanadalahOHP(OverheadProjektor)namundalampelaksanaannyapeggunaanOHP(OverheadProjektor)tidakpraktis.BerbedadenganmediapembelajaranMicrosoftPowerPointyangsangatmudahdioperasikanmelaluibantuankomputerdanproyektorLCDseorangpendidikdapatmenyampaikanmateridenganmudahdanlebihhematkarenakertastransparansitidakdiperlukanlagi.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimenyangbertujuanuntukmembuktikanpengaruhmediaMicrosoftPowerPointterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri2MalangpadamatapelajaranGeografi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri2Malangsemesterganjiltahunajaran2008/2009yangsecaraakademismemilikikemampuanrata-ratatiapkelasadalahsamasehinggadianggaphomogen.Penelitianinimengambilduakelassatukelaseksperimendansatukelaskontrol.KelaseksperimendankelaskontrolmendapatperlakuanpembelajaranyangsamadarisegitujuanisibahanpembelajarandanwaktubelajarperbedaanhanyaterletakpadapemanfaatanMediaMicrosoftPowerPoint.Datadikumpulkandengancarapemberianteskemampuanawal(prates)danteskemampuanakhir(pascates).AnalisisdatadilakukandenganujiPairedSampleTestdenganbantuanSPSS14.0forWindows.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwahasilbelajarIPSGeografisiswayangmenggunakanmediaMicrosoftPowerPointlebihbaikdaripadasiswayangtidakmenggunakanmediaMicrosoftPowerPoint.DengandemikiandapatdikemukakanbahwapenggunaanmediaMicrosoftPowerPointberpengaruhpadahasilbelajarIPSGeografi.SaranyangdiajukanuntukgurubidangstudiGeografiadalahmenjadikanmediaMicrosoftPowerPointsebagaimediapembelajaranagarhasilbelajarsiswalebihbaik.SaranuntukpenelitianselanjutnyaadalahmengembangkanmediaMicrosoftPowerPointdanmengkombinasikandenganmediapembelajaranyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadaphasilbelajarsiswadanmemperolehmanfaatyanglebihbesardaripenggunaanmediaMicrosoftPowerPoint.