Penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS geografi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo Kabupaten Madiun pada kompetensi dasar mengidentifikasi permasalahan kepend

Main Author: Sholikhah, Wiwik Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52783/
Daftar Isi:
  • SholikhahWiwikFitri.2010.PenerapanPembelajaranKooperatifModelCIRC(CooperativeIntegratedReadingandComposition)untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarIPSGeografiSiswaKelasVIIIDSMPNegeri2BalerejoKabupatenMadiunpadaKompetensiDasarMengidentifikasiPermasalahanKependudukandanUpayaPenanggulangannya.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AchmadAmirudinM.Pddan(II)Drs.YusufSuharto..KatakunciCIRCaktivitasbelajardanhasilbelajar.Berdasarkanwawancaradanobservasiyangdilakukanpadatanggal3Agustus2009dikelasVIIIDSMPNegeri2Balerejodiperolehinformasibahwagurubelummenggunakanmodelpembelajaraninovatifyangmampumembuatsiswaaktifbelajar.Gurucenderungmenggunakanmetodeceramahtanyajawabdiskusikelompokdanpenugasansehinggaaktivitassiswajugamasihrendah.Halinisecaratidaklangsungmempengaruhihasilbelajarsiswa.Halinisalahsatunyaterlihatdariketuntasansiswayanghanya50%dinyatakantuntasketikamengikutiteshasilbelajarpadaKDmendeskripsikankondisifisikwilayahdanpenduduk.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.Setiapsiklusterdiridariduakalipertemuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIDsemesterganjiltahunajaran2009/2010SMPNegeri2Balerejoyangberjumlah34siswayangterdiriatas20siswalaki-lakidan14siswaperempuan.DalampenelitianinidatayangdiperolehberupaaktivitasdanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripenerapanpembelajarankooperatifmodelCIRC(CooperativeIntegratedReadingandComposition).Instrumenyangdigunakanyaitusoalteslembarobservasipedomanwawancaradancatatanlapangan.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaterjadipeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIIID.HaliniditunjukkandenganadanyapeningkatanpersentaseaktivitassiswaketikakerjakelompokpadasiklusIdenganrata-rata6307%danmeningkatmenjadi8791%padasiklusIIpersentaseaktivitassiswaketikapresentasisiklusIsebesar5515%danmeningkatmenjadi7206%padasiklusII.Rata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakansebesar5956meningkatmenjadi6835padasiklusIdan7629padasiklusII.Selainituketuntasanklasikalsiswajugameningkatmulaidari50%padapratindakanmeningkatmenjadi6765%padasiklusIdan8824%padasiklusII.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCIRCdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswasiswakelasVIIIDSMPNegeri2Balerejo.GurumatapelajaranIPSGeografidisarankanmenerapkanmodelCIRCsebagaimodelpembelajaranalternatifuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.AdapunpenelitilaindiharapkanmelakukanpenelitianlanjutanyangsejenisuntukKDdansekolahyangberbeda.