Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untukn meningkatkan hasil belajar geografi pada kompetensi dasar fenomena antroposfer siswa kelas XI IPS-2 SMA negeri 1 Sambit Ponorogo / Umama Cahya Ningrum
Main Author: | Ningrum, Umama Cahya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52779/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNingrumUmamaCahya.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelGroupInvestigation(GI)untukMeningkatkanHasilBelajarGeografipadaKompetensiDasarFenomenaAntroposferSiswaKelasXIIPS-2SMANegeriISambitPonorogo.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuharto(II)Dra.YuswantiAriniWirahayuM.SiKataKunciPembelajaranKooperatifModelGIhasilbelajarPembelajaranyangditerapkanpadaSMANISambitPonorogocenderungpadapencapaianmaterikurikulum.Halinidapatdilihatdarikegiatanpembelajaranyangadadidalamkelasyangselaludidominasiolehgurumengakibatkansiswapasifmalaspadasaatpembelajaran.Pembelajarankooperatifmerupakansalahsatupembelajaranmenuntutsiswaagaraktifdalamsetiapprosesbelajarsiswadiberikesempatanuntukmenyampaikansegalaidependapatsertagagasan-gagasanyangdimilikisiswa.Datahasilobservasiawalmenunjukkanhanyaterdapat375%siswatuntasbelajardanyangtidaktuntassebesar625%.Daripermasalahantersebutperluditerapkanpembelajaranyangbisameningkatkanhasilbelajar.AlternatifpembelajarantersebutadalahpenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)yangbertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.TahapanpembelajaranmodelGroupInvestigation(GI)adalahtahappengelompokandanpemilihantopiktahapperencanaantahapinvestigasitahappengorganisasiansertatahapevaluasi.PenelitianinidilaksanakandiSMANISambitPonorogodengansubyeksiswakelasXIIPSIIyangberjumlah32siswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiriduasiklusmasing-masingsiklusterdiridaritigapertemuandengansubpokokbahasanyangberbeda.Teknikpengumpulandatahasilbelajardenganmenggunakantespadaakhirsetiapsiklus.Datatersebutdianalisisdengandayaserapklasikaldanpersentasepeningkatanyangkemudiandiartikansecaradeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswameningkatdarisebelumtindakankesiklusIdandarisiklusIkesiklusIIpencapaianhasilbelajarsiswasecaraklasikalsebelumtindakanadalah375%meningkatpadasiklusImencapai4687%dan875%padasiklusII.UntukpeningkatanpersentsehasilbelajarsiswadarisebelumtindakankesiklusIadalah2498%dandarisiklusIkesiklusIImencapai8669%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIPS2SMAN1SambitPonorogo.GurumatapelajarangeografidisarankanmenggunakanmodelpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)yangtelahterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarDalammenggunakanmetodepembelajaraninigurudisarankanbisamengaturwaktudenganbaiksehinggatujuanpembelajarandapattercapaidenganmaksimal.Diharapkangurudalamkegiatanpembelajaranharusdapatmemberikanarahandanmotivasikepadasiswaterutamapadasiswayangmempunyaikemampuanrendahkarenasiswatersebutperluperhatianyanglebihagarmerekabisatermotivasilebihbaik.BagisekolahsupayamenganjurkanuntukmemakaimodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)yangdapatdikombinasidenganpembelajaranoutdoorpadamaterifenomenaantroposferkelasXIsemesterganjildanuntukpenelitiselanjutnyadiharapakandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajaranmodelGroupInvestigation(GI)dengansubjekpenelitianyangberbeda.