Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas XI-IPS 2 semester 2 MAN I Sumenep pada materi menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup / Muhammad Misbahudholam A

Main Author: Misbahudholam A.R., Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52775/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMisbahudholamM.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanKeaktifanBelajarGeografiSiswaKelasXI-IPS2Semester2MANISumeneppadaMateriMenganalisisPemanfaatandanPelestarianLingkunganHidup.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKuncipembelajarankooperatifmodelSTADkeaktifanbelajarsiswaHasilobservasiyangdilakukanpadatanggal20dan21November2008dikelasXI-IPS2MAN1Sumenepdiketahuibahwakegiatanbelajarmengajar(KBM)masihdidominasiolehgurusedangsiswahanyadudukmendengardanmencatat.Sehinggasiswaterlihatkurangaktifsiswakurangaktifbelajarmencapai6404%dansiswayangaktifbelajarmencapai3596%dalamkelas.Sedangkansiswayangaktifdalambertanya(2631%)berpendapat(2105%)danmenjawabpertanyaan(3158%)padasaatpembelajaranberlangsung.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.SalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)untukMeningkatkanKeaktifanBelajarGeografiSiswaKelasXI-IPS2Semester2MANISumeneppadaMateriMenganalisisPemanfaatandanPelestarianLingkunganHidup.JenispenelitianyangdigunakanadalahjenisPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Penelitiantindakankelasinipenelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestulis.PenelitiandilaksanakandikelasXI-IPS2MANISumenepdenganjumlahsiswa38orangpadamateriMenganalisisPemanfaatandanPelestarianLingkunganHidup.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatankeaktifankelompokdankeaktifanbelajarsiswakelasXI-IPS2semester2MANISumenepditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapersentasekeaktifankelompoksebesar5934%(cukup)padasiklusImeningkatmenjadi8245%(sangatbaik)padasiklusII.SedangkankeaktifanbelajarsiswapadasiklusIsebesar6030%kemudianmeningkatmenjadi8330%padasiklusII.Bertitiktolakdaripenelitianinibeberapasaranyangdiperkirakandapatmeningkatkanmanfaatdanpengembanganprodukyangakandatangdiajukanadalah(1)guruperlumenerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelSTADsebagaisalahsatumetodealternatifdalamkegiatanpembelajaran(2)perluadanyapengelolaankelasyanglebihbaikterutamadalammengatasisiswayangseringmembuatramaidangaduhsehinggapelaksanaankegiatanpembelajarandapatberjalandenganbaikdanlancar(3)guruperlumempersiapkanringkasanmateripelajaranpadasiswaagarsemuasiswamempunyaibahanuntukbelajar(4)guruperlumengaturpengelolaanwaktuyangtepatsehinggasemuakegiatanpembelajaranmodelSTADdapatterlaksadenganbaik(5)perluadanyaobserverlaki-lakidanperempuandalampenelitiansehinggasituasikelasdapatdikendalikan.