Penerapan pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS geografi pokok bahasan kondisi geografis dan penduduk Indonesia siswa kelas VII E semester II SMP Negeri 24 Malang / Tuti Mutia

Main Author: Mutia, Tuti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52774/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMutiaTuti.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelMakeAMatchuntukMeningkatkanMotivasiBelajarPadaMataPelajaranIPSGeografiMateriKondisiGeografisDanPendudukIndonesiaSiswaKelasVIIESemesterIISMPNegeri24Malang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Drs.MarhadiSlametKistiyantoM.Si.KataKunciPembelajarankooperatifModelMakeAMatchMotivasibelajarsiswaBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal7Maret2009dikelasVIIESMPNegeri24Malangdiketahuibahwasebagianbesarkegiatanbelajarmengajar(KBM)masihdidominasiolehguruataudapatdikatakanguruaktifsedangkansiswahanyadudukmendengarkanmencatatbahkanadasebagiansiswayangdiamdengankeadaanmengantuksehinggamotivasibelajarsiswarendahsebesar32%padasaatpembelajaranberlangsung.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.SalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajaranMakeAMatch.MakeAMatchmerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangdapatmelatihsiswauntuklebihaktifsehinggatermotivasiuntukbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranMakeAMatch.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Dalampenelitiantindakankelasinipenelititerlibatlangsungdalamseluruhprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatamelaluiobservasiwawancaradokumentasidanangket.PenelitiandilaksanakandikelasVIIESMPNegeri24Malangdenganjumlahsiswa42orangpadamateriKondisiGeografisdanpendudukIndonesia.HasilpenelitianmenunjukkanpeningkatanmotivasibelajardenganhasilobservasimotivasibelajarsiswakelasVIIESMPNegeri24MalangsemesterIIdalampembelajaranpadasiklusIrata-ratamotivasibelajardalamkelompok49%meningkatmenjadi73%padasiklusII.Sedangkanmotivasibelajarsiswasecaraklasikalrata-rata535%danmeningkatmenjadi753%padasiklusIIdanmotivasibelajarmenggunakanangketsecaraklasikalrata-rata5738%meningkatmenjadi7783%padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitiansaran-saranyangdapatdikemukakandalampenelitianiniyaitu1)bagikepalasekolahadalahmemberikanmotivasikepadasemuaguruuntukmencobamenerapkanmodelinisebagaivariasimodelmengajar2)bagigurumatapelajaranIPSGeografiadalahmencobauntukmengimplementasikanmodelinipadapokokbahasanyanglainmaupunpelajaranyanglainkarenasiswamemberikanresponyangpositifterhadapmodeltersebut3)perluadanyapengelolaankelasyanglebihbaikterutamadalammengatasisiswayangseringmembuatramaidangaduhsehinggapelaksanaankegiatanpembelajarandapatberjalandenganbaikdanlancar4)guruperlumengaturpengelolaanwaktuyangtepatsehinggasemuakegiatanpembelajaranmodelMakeAMatchdapatterlaksanadenganbaikdan5)padasaatpembagiankelompokbelajarsiswadibagidalamkelompokyanganggotamemilikiperbedaanstatusakademikdanrassehinggadiskusikelompokberjalandenganlancartanpaadakelompok-kelompokyangmendominasi.